detikcom
Selasa, 13/10/2009 21:44 WIB

Dituding Cemarkan Nama Sareh Wiyono, Dokter RSCM Dipolisikan

E Mei Amelia R - detikNews
Jakarta - Dokter spesialis jantung di RSCM, dr Adjit Singh Gill, dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Adjit dituding telah mencemarkan nama baik calon hakim agung yang juga mantan Ketua PN Cibinong, Sareh Wiyono, terkait kasus penyerobotan tanah di kawasan Puncak, Desa Cibeureum, Cisarua, Bogor.

Adalah Anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Hukum Jamin Rakyat Indonesia (Hajar Indonesia), Rakhmat Jaya, yang melaporkan Adjit ke polisi. Menurut Rakhmat, laporan dr Adjit ke Komisi Yudisial (KY) terkait kasus penyerobotan tanah itu sama sekali tidak benar.

"Itu fitnah. Ternyata surat-surat garapan yang dimiliki Adjit Singh adalah surat palsu atau dipalsukan. Dan dia pernah dipidana karena menggunakan surat-surat itu," kata Rakhmat kepada wartawan di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (13/10/20009).

Rakhmat mengungkapkan, laporan Adjit bahwa Sareh yang menjabat sebagai Panitera Mahkamah Agung (MA) itu memiliki lapangan golf di rumahnya tidak benar. Di halaman belakang rumah Sareh yang terletak di Komplek Nirwana Estate, Cibinong, lanjut Rakhmat, hanya ada kebun yg ditanami mangga, singkong, rambutan, dan tanaman lain. "Dan tanahnya tidak terlalu luas," ungkapnya.

Seperti diberitakan, Adjit melaporkan Sareh ke KY dan Komisi Pemeriksa Kekayaan Penyelenggaraan Negara (KPKPN) bahwa Sareh menyerobot tanah milik Adjit yang akan dibangun RS YPKI seluas 20 hektar. "Padahal tanahnya hanya seluas 2 hektar," jelas Rakhmat.

Sareh juga dituding memiliki Hotel USSU. "Tidak benar, yang memiliki orang lain, hanya istrinya bekerja di situ," papar Rakhmat.

Bahkan, soal showroom jual beli mobil bekas yang terdapat di 2 tempat, yakni Kemayoran Jakpus dan Kelapa Gading Jakut, adalah usaha istri Sareh yang menggunakan pinjaman BRI.

"Usaha di tempat lain menurut kami wajar saja karena usaha itu yang melakukan adalah anak-anak dan istrinya. Tidak ada hubungan dengan perkara atau tugas sebagai hakim," bebernya.

Dalam laporan resmi bernomor LP 2915/X/K/2009 Spk Unit I, Rakhmat melaporkan dr Adjit Singh Gill dengan tuduhan Pasal 316 KUHP tentang penghinaan terhadap pejabat negara yang sedang menjalankann tugas.

Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(mei/sho)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Pilkada via DPRD Potensi Korupsinya Lebih Tinggi!

DPR hari ini akan mengesahkan RUU Pilkada yang salah satunya akan menentukan apakah pemilihan kepala daerah akan tetap dilakukan secara langsung atau dikembalikan ke DPRD. KPK berpandangan, Pilkada lewat DPRD justru potensi korupsinya lebih tinggi. Bila Anda setuju dengan KPK, pilih Pro!
Pro
58%
Kontra
42%