detikcom
Sabtu, 19/09/2009 14:30 WIB

Tentukan 1 Syawal, Depag Gelar Sidang Isbat Pukul 16.30 WIB

Ken Yunita - detikNews
Jakarta - Kapan 1 Syawal 1430 H tiba belum diketahui secara pasti. Untuk itu, Departemen Agama (Depag) akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Cecep Nur dari Badan Hisab dan Rukyat Depag mengatakan, sidang yang akan dihadiri perwakilan dari pemerintah, DPR, dan ormas Islam itu digelar Sabtu (19/9/2009) pukul 16.30 WIB.

"Iya, kita nanti akan mulai 16.30 WIB," kata Cecep saat dihubungi detikcom. Menteri Agama Maftuh Basyuni, Menteri Kominfo M Nuh, perwakilan DPR, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), akan hadir dalam sidang tersebut.

Dalam kalender 2009 versi pemerintah, Hari Raya Idul Fitri tercetak pada tanggal 21 September. Namun sebelumnya Maftuh berkeyakinan Lebaran akan jatuh pada 20 September. Beberapa kalender keluaran swasta juga menempatkan 1 Syawal pada 20 September.

MUI juga meyakini, 1 Syawal akan jatuh pada 20 September karena kemungkinan pada Sabtu 19 September ketinggian bulan sudah mencapai 3 hingga 5 derajat. Demikian pula Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) yang yakin hilal akan terlihat malam nanti.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(ken/sho)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
74%
Kontra
26%