detikcom
Senin, 04/08/2008 10:08 WIB

Pengamat: Rekaman AdamAir dari Cockpit Bukan dari ATC

Nograhany Widhi K - detikNews
Recocery blackbox di Laut Majene (Foto: KNKT)
Jakarta - Rekaman percakapan AdamAir yang beredar di internet bisa berasal dari banyak sumber. Namun, rekaman di internet itu jelas dan bersih.

"Memang dimungkinkan banyak sumber. Kalau kita lihat dari sumber suara apakah suaranya dari cockpit AdamAir atau dari pihak lain yang mendengar. Kalau kita dengar sangat jelas sekali dari cockpit, bukan dari ATC (Air Traffic Controll)," ujar pengamat telematika Heru Sutadi.

Suara dari ATC dalam rekaman itu, imbuh dia, menjadi backsound. Menurut Heru, suara pilot cukup jelas dan bersih. Tidak ada media transfer frekuensi dalam rekaman itu.

Heru juga sempat mencurigai, bahwa rekaman itu artificial yang dibuat di simulator.

"Tadinya saya juga sempat curiga jangan-jangan ada 2 orang yang bermain-main di simulator, kemudian direkam. Kita tidak hanya bicara teks, tapi juga bicara konteks, krisisnya 5 menit. Tingkat kesulitannya persis, membuat suara 'bank angle' juga tidak mudah," urainya.

Toh, imbuh dia, suara rekaman percakapan itu sudah diakui otentik oleh pihak keluarga pilot maupun kopilotnya.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(nwk/iy)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 19/10/2014 19:41 WIB
    Iriana Bicara tentang Gaya, Media Sosial, Burung hingga Diri Sendiri
    Gb Iriana, tidak lama lagi akan menjadi Ibu Negara. Banyak yang penasaran akan sosoknya. Iriana, yang cenderung tak banyak berbicara, kali ini bersedia menjawab pertanyaan. Mulai soal gaya, hobi merawat burung hingga tentang dirinya sendiri. Seperti apa?
ProKontra Index »

Jokowi Harus Dengarkan Informasi KPK agar Ciptakan Kabinet Bersih

KPK mengatakan 43 nama calon menteri yang diberikan Jokowi, setengahnya memiliki rapor merah atau incaran KPK. Pengamat politik dari UGM Ari Dwipayana mengimbau agar Jokowi harus mendengarkan informasi dari KPK tersebut agar dapat menciptakan kabinet yang bersih.Bila Anda setuju dengan Ari Dwipayanya, pilih Pro!
Pro
61%
Kontra
39%