Pencarian Pesawat MAS Masuki Fase Baru, Diperluas Hingga ke Kazakhstan

- detikNews
Sabtu, 15 Mar 2014 14:52 WIB
suasana konferensi pers (Ramdhan/detikcom)
Kuala Lumpur, -

Operasi pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 kini memasuki fase baru berdasarkan data satelit baru yang diterima. Pencarian di sekitar wilayah Laut China Selatan pun dihentikan.

Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak menyampaikan, ada dua koridor baru yang terbaca dari radar militer mengenai pergerakan pesawat.

"Koridor utara yang bergerak dari perbatasan Kazakhstan dan Turkmenistan menuju Thailand utara, atau koridor selatan yang bergerak dari Indonesia menuju Samudera Hindia bagian selatan," papar Najib dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Sama Sama, Kuala Lumpur hari ini.

Menurut Najib, berdasarkan data satelit, komunikasi terakhir pesawat MH370 dengan satelit adalah di salah satu dari dua koridor tersebut. Operasi pencarian pun kini akan difokuskan pada kedua koridor itu.

Ditambahkan Najib, tim penyelidik kini bekerja lebih jauh untuk memastikan informasi yang diterima tersebut. Najib juga mengatakan, otoritas Malaysia kini memfokuskan ulang penyelidikan mereka terhadap para kru dan penumpang pesawat.

(ita/ita)