detikNews
Jumat 17 April 2015, 18:23 WIB

Manfaatkan Konflik Houthi, Al-Qaeda Kuasai Bandara di Yaman

- detikNews
Manfaatkan Konflik Houthi, Al-Qaeda Kuasai Bandara di Yaman Kehancuran di Yaman (Reuters)
Sanaa - Militan Al-Qaeda di Yaman berhasil menguasai salah satu bandara di bagian selatan negara tersebut. Hal ini terjadi saat tentara Yaman dengan dibantu serangan udara koalisi Arab Saudi sibuk bertempur melawan pemberontak Houthi.

"Unit militer yang bertugas menjaga keamanan di fasilitas tersebut harus mundur tanpa melawan," tutur seorang pejabat bandara di Mukalla yang merupakan ibukota Provinsi Hadramawt, seperti dilansir AFP, Jumat (17/4/2015).

Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP) yang merupakan jaringan Al-Qaeda paling kuat di Yaman, memanfaatkan kekacauan yang terjadi di Yaman yang dipicu oleh pemberontak Houthi. Sejak awal bulan ini, AQAP melakukan serangan untuk memperluas wilayah kekuasaannya, salah satunya Mukalla.

Sumber militer setempat menuturkan AQAP kini menguasai kota dengan lebih dari 200 ribu penduduk tersebut, kecuali area yang menjadi lokasi kamp tentara yang setia pada Presiden Abedrabbo Mansour Hadi yang kini mengungsi ke Saudi.

Di wilayah lainnya di Provinsi Hadramaut, kelompok etnis setempat berhasil menguasai pangkalan minyak besar setelah tentara Yaman yang menjaga fasilitas itu, melarikan diri.

"Jatuh ke tangan kelompok etnis setelah unit militer yang menjaga fasilitas itu melarikan diri tanpa melawan," tutur sumber militer setempat kepada AFP.

Banyak kelompok bersenjata dan kelompok etnis di Yaman yang memanfaatkan kekacauan yang terjadi di Yaman saat ini. Pemberontak Houthi yang setia pada mantan presiden Ali Abdullah Saleh terus memicu serangan demi menguasai wilayah Yaman seutuhnya.

Namun Houthi mendapat perlawanan sengit dari koalisi yang dipimpin Saudi, yang meyakini Iran sengaja mendukung pemberontak Houthi demi memenuhi ambisi memperluas kekuasaannya.

  • Manfaatkan Konflik Houthi, Al-Qaeda Kuasai Bandara di Yaman
    Kehancuran di Yaman (Reuters)
  • Manfaatkan Konflik Houthi, Al-Qaeda Kuasai Bandara di Yaman
    Kehancuran di Yaman (Reuters)

(nvc/nrl)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com