DetikNews
Selasa 16 Apr 2013, 12:44 WIB

Bom Boston

Ini Gambaran Situasi Ledakan Bom di Maraton Boston

- detikNews
Ini Gambaran Situasi Ledakan Bom di Maraton Boston Foto: nytimes.com
Boston, - Tiga tewas dan lebih dari 100 orang mengalami luka-luka akibat ledakan bom saat event Boston Marathon, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Hingga saat ini belum diketahui siapa yang bertanggung jawab dan apa motif peledakan bom tersebut.

Selasa (16\/4\/2013), nytimes.com menggambarkan sebuah ilustrasi peristiwa meledaknya bom tersebut. Ilustrasi tersebut memperlihatkan titik bom meledak, posisi para pelari dan gedung-gedung yang berada di sekitarnya.

Keterangan pertama, mengilustrasikan ledakan pertama terjadi sekitar pukul 14.50 waktu setempat di sisi utara dari Boylston Street. Tepatnya sebelum garis finish.

Keterangan kedua, mengilustrasikan ledakan kedua terjadi sekitar 10 detik setelah ledakan yang pertama.

Keterangan ketiga, mengilustrasikan lokasi antara ledakan pertama dan kedua berjarak sekitar 550 feet atau 167,64 meter.

Keterangan keempat, Hotel Mandarin dan Hotel Lenox dievakuasi karena dilaporkan menerima paket mencurigakan.

Dua ledakan terjadi di dekat garis akhir (finish) event maraton Boston Marathon, yang berjarak 50-100 meter dari para pelari, pada Senin (14\/4) sore waktu setempat. Dilaporkan 3 orang tewas, termasuk seorang anak berusia 8 tahun, dan lebih dari 100 orang lainnya luka-luka akibat ledakan ini.

Ledakan ketiga dilaporkan terjadi beberapa saat kemudian di perpustakaan John F Kennedy yang letaknya 5 km dari garis akhir Boston Marathon. Tidak ada korban luka akibat ledakan di perpustakaan John F Kennedy tersebut.

Aparat setempat masih melakukan penyelidikan secara cepat. Presiden Barack Obama menyatakan akan mencari dan mengejar pelaku di balik ledakan ini.

Beberapa saat usai ledakan bom yang mengguncang Boston, aparat setempat menahan seorang pria muda berkewarganegaraan Arab Saudi. Pemuda tersebut dianggap bertindak mencurigakan ketika ledakan terjadi di dekat garis akhir Boston Marathon.

Sementara itu, tidak diketahui apakah pria muda ini berkaitan dengan \\\'man in black\\\' yang sedang dicari-cari FBI. Pria berkulit gelap yang memakai pakaian serba hitam dan membawa tas hitam dicurigai oleh FBI terlibat dalam ledakan ini. Berdasarkan kesaksian dan rekaman CCTV setempat, pria tersebut dicurigai karena masuk ke area terlarang saat pelaksanaan maraton. Dia juga diduga memiliki aksen asing.



(mpr/mad)
-
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed