detikcom
Senin, 09/06/2008 16:22 WIB

Gitaris Band Caramel Makassar Klaim Pencipta Lagu Geby

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Makassar - "Jauh kau pergi meninggalkan diriku
Di sini aku merindukan dirimu,
kini ku coba mencari penggantimu
namun tak lagi kan seperti dirimu
oh kekasih..."


Akhirnya, lagu Jauh atau Tinggal Kenangan, yang di Jakarta disebut dinyanyikan oleh Geby, ada yang mengaku sebagai pemiliknya. Rifai Ilyas yang disapa Pay (24), gitaris band Caramel Makassar, mengaku sebagai pencipta lagu itu.

Pay mengaku, lagu itu terinspirasi dari pengalaman pribadinya yang ditinggalkan kekasihnya yang keburu nikah di tahun 2003. Namun, dia baru berani menyanyikan lagu itu tahun 2004 dan langsung tenar di tangga lagu radio Makassar.

Pertama kali Pay dkk menyanyikan lagu itu dalam momen ulang tahun sanggar seni mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dipanegara, Sang Dipa, pada 17 Juli 2004.

Pay dan beberapa temannya pertama memainkan lagu 'Jauh' dengan versi live akustik, yang dilantunkan Andi Besse atau Abe, sang vokalis Sang Dipa.
Penampilan mereka pun direkam ala kadarnya dalam format MP3. Sementara versi kedua lagu ini baru direkam di studio oleh band Caramel, band yang didirikan Pay dan kawan-kawannya. Suara vokalisnya pun sudah berganti, Abe digantikan Riri.

Demikian cerita Pay yang ditemui detikcom di studio radio Prambors Makassar, pukul 13.30 Wita, Senin (9/6/2008). "Itu asli karya saya," ujar Pay.

Jika ada pihak yang mengklaim karyanya itu, Pay dan personel band Caramel lainnya takkan tinggal diam, jalur hukum segera akan mereka tempuh. Hingga saat ini, Komisi A DPRD Makassar sudah merespon kekhawatiran mereka dan lagu-lagu mereka pun sudah mereka daftarkan di kantor Dephukham Sulsel.

"Lagu ini sebenarnya tiba-tiba muncul saat mengkhayalkan Rika di malam lebaran Idul Fitri tahun 2003," ujar Pay mengenang eks kekasihnya yang terlanjur diboyong lelaki lain di pelaminan. Inikah akhir misteri lagu Geby?


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(mna/nrl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Harga BBM Harus Naik

Terbatasanya kuota BBM bersubsidi berimbas pada langkanya BBM di sejumlah SPBU plus antrean panjang kendaraan. Presiden terpilih Jokowi mengusulkan pada Presiden SBY agar harga BBM dinaikkan. Jokowi mengatakan subsidi BBM itu harus dialihkan pada usaha produktif, ditampung di desa, UMKM, nelayan. Menurutnya anggaran subsidi jangan sampai untuk hal-hal konsumtif seperti mobil-mobil pribadi. Bila Anda setuju dengan Jokowi bahwa harga BBM harus naik, pilih Pro!
Pro
52%
Kontra
48%