detikcom
Jumat, 23/11/2007 12:13 WIB

Mirip Tari Reog, Pemerintah Akan Teliti Tari Barongan Malaysia

Ken Yunita - detikNews
Jakarta - Tarian Reog yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, diklaim Malaysia sebagai tari Barongan. Pengklaiman Malaysia atas budaya Indonesia ini akan diteliti lebih lanjut oleh pemerintah.

"Jika memang itu terjadi, tentunya pihak Malaysia akan mengambil tindakan. Pemerintah sedang melakukan penelitian bagaimana sebenarnya," ujar Jubir Departemen Luar Negeri Kristiarto Surya Legowo di Departemen Luar Negeri, Jl Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (23/11/2007).

Tari Reog diklaim Malaysia sebagai tari Barongan yang menganggapnya sebagai warisan Melayu di daerah Batu Pahat Johor dan Selangor Malaysia.

Tari Reog sebetulnya sudah didaftarkan Pemerintah Kabupaten Ponorogo sebagai hak cipta milik kabupaten Ponorogo. Hak cipta itu tercatat dengan nomor 026377 tertanggal 11 Februari 2004 dan diketahui langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.
(ziz/umi)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%