detikcom
Jumat, 23/11/2007 12:13 WIB

Mirip Tari Reog, Pemerintah Akan Teliti Tari Barongan Malaysia

Ken Yunita - detikNews
Jakarta - Tarian Reog yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, diklaim Malaysia sebagai tari Barongan. Pengklaiman Malaysia atas budaya Indonesia ini akan diteliti lebih lanjut oleh pemerintah.

"Jika memang itu terjadi, tentunya pihak Malaysia akan mengambil tindakan. Pemerintah sedang melakukan penelitian bagaimana sebenarnya," ujar Jubir Departemen Luar Negeri Kristiarto Surya Legowo di Departemen Luar Negeri, Jl Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (23/11/2007).

Tari Reog diklaim Malaysia sebagai tari Barongan yang menganggapnya sebagai warisan Melayu di daerah Batu Pahat Johor dan Selangor Malaysia.

Tari Reog sebetulnya sudah didaftarkan Pemerintah Kabupaten Ponorogo sebagai hak cipta milik kabupaten Ponorogo. Hak cipta itu tercatat dengan nomor 026377 tertanggal 11 Februari 2004 dan diketahui langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(ziz/umi)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Harga BBM Harus Naik

Terbatasanya kuota BBM bersubsidi berimbas pada langkanya BBM di sejumlah SPBU plus antrean panjang kendaraan. Presiden terpilih Jokowi mengusulkan pada Presiden SBY agar harga BBM dinaikkan. Jokowi mengatakan subsidi BBM itu harus dialihkan pada usaha produktif, ditampung di desa, UMKM, nelayan. Menurutnya anggaran subsidi jangan sampai untuk hal-hal konsumtif seperti mobil-mobil pribadi. Bila Anda setuju dengan Jokowi bahwa harga BBM harus naik, pilih Pro!
Pro
45%
Kontra
55%