detikcom
Jumat, 23/11/2007 12:13 WIB

Mirip Tari Reog, Pemerintah Akan Teliti Tari Barongan Malaysia

Ken Yunita - detikNews
Jakarta - Tarian Reog yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, diklaim Malaysia sebagai tari Barongan. Pengklaiman Malaysia atas budaya Indonesia ini akan diteliti lebih lanjut oleh pemerintah.

"Jika memang itu terjadi, tentunya pihak Malaysia akan mengambil tindakan. Pemerintah sedang melakukan penelitian bagaimana sebenarnya," ujar Jubir Departemen Luar Negeri Kristiarto Surya Legowo di Departemen Luar Negeri, Jl Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (23/11/2007).

Tari Reog diklaim Malaysia sebagai tari Barongan yang menganggapnya sebagai warisan Melayu di daerah Batu Pahat Johor dan Selangor Malaysia.

Tari Reog sebetulnya sudah didaftarkan Pemerintah Kabupaten Ponorogo sebagai hak cipta milik kabupaten Ponorogo. Hak cipta itu tercatat dengan nomor 026377 tertanggal 11 Februari 2004 dan diketahui langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(ziz/umi)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 02/10/2014 14:12 WIB
    Ridwan Hasan Saputra: Matematika Sulit, Itu Fitnah
    Gb Pekan lalu, media sosial dihebohkan menyusul kabar tentang tugas matematika seorang siswa sekolah dasar bernama Habibi, yang mendapat nilai merah dari gurunya. Habibi disalahkan sang guru karena menuliskan bahwa 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 4x6, bukan 6x4.
ProKontra Index »

Pilkada via DPRD Potensi Korupsinya Lebih Tinggi!

DPR hari ini akan mengesahkan RUU Pilkada yang salah satunya akan menentukan apakah pemilihan kepala daerah akan tetap dilakukan secara langsung atau dikembalikan ke DPRD. KPK berpandangan, Pilkada lewat DPRD justru potensi korupsinya lebih tinggi. Bila Anda setuju dengan KPK, pilih Pro!
Pro
59%
Kontra
41%