Detik.com News
Detik.com

Senin, 02/04/2007 08:26 WIB

Sedikit tentang Kepulauan Solomon

Nurul Hidayati - detikNews
Sedikit tentang Kepulauan Solomon Letak dan bendera Kep Sulomon (Wikipedia)
Jakarta - Gempa 8,1 SR disertai tsunami melanda Kepulauan Solomon. Pertanyaannya, di mana letak negeri itu persisnya? Kamus Wikipedia menjelaskan, Kepulauan Solomon merupakan sebuah negara di Melanesia yang terletak di timur Papua Nugini. Negeri ini terdiri dari lebih 990 buah pulau dengan luas total 28.400 kilometer persegi. Ibu negaranya, Honiara, terletak di pulau Guadalcanal. Jumlah penduduknya 478.000 (tahun 2005). Kepulauan Solomon telah didiami oleh etnis Melanesia sejak sekitar 30.000 tahun dahulu dan menjadi sebuah negeri naungan Inggris sejak 1890-an. Beberapa pertempuran sengit Perang Dunia II terjadi di sini. Kepulauan Solomon diberi hak untuk pemerintahan sendiri pada tahun 1976 dan kemerdekaan dua tahun kemudian. Negara ini masih menjadi anggota Persemakmuran (Commonwealth). Pendapatan per kapita GDP di Kepulauan Solomon adalah US$1.894 dan meletakkannya sebagai salah sebuah negara yang kurang maju di dunia. Lebih 75% warganya bekerja di bidang pertanian dan perikanan. Industri wisata, terutamanya menyelam, merupakan bisnis terpenting di Kepulauan Solomon. Namun pembangunan dalam industri tersebut terhalang akibat kekurangan infrastruktur dan transportasi. Radio adalah jenis media paling berpengaruh dalam Kepulauan Solomon disebabkan oleh perbedaan dalam bahasa dan kadar buta huruf yang tinggi. Tahun 1997 kerusuhan etnis melanda negeri ini. Pada tahun 2003, pasukan berbagai negara yang dipimpin Australia datang untuk menstabilkan keamanan dan melucuti senjata pihak yang berseteru.

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(nrl/ndr)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 23/02/2015 10:27 WIB
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif Wakil Kapolri Komjen Badrodin Haiti diusulkan Presiden Jokowi menjadi calon Kapolri. Komjen Badrodin mengakui masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan di jajaran Polri. Dia juga dengan besar hati mengakui masih banyak penyimpangan yang perlu ditertibkan. Apa saja?
ProKontra Index »

MA Harus Turun Tangan Setop 'Sarpin Effect'!

Putusan hakim PN Jaksel Sarpin Rizaldi yang memperbolehkan status tersangka jadi materi gugatan praperadilan berpotensi menimbulkan kekacauan hukum di Indonesia. "MA harus menyetop. Segera batalkan putusan Sarpin. Kalau tidak, semua tersangka akan melakukan hal yang sama," jelas FH Unsoed Purwokerto, Prof Dr Hibnu Nugroho. Bila Anda setuju dengan Prof Hibnu, pilih Pro!
Pro
96%
Kontra
4%