Senin, 02/04/2007 08:26 WIB

Sedikit tentang Kepulauan Solomon

Nurul Hidayati - detikNews
Letak dan bendera Kep Sulomon (Wikipedia)
Jakarta - Gempa 8,1 SR disertai tsunami melanda Kepulauan Solomon. Pertanyaannya, di mana letak negeri itu persisnya? Kamus Wikipedia menjelaskan, Kepulauan Solomon merupakan sebuah negara di Melanesia yang terletak di timur Papua Nugini. Negeri ini terdiri dari lebih 990 buah pulau dengan luas total 28.400 kilometer persegi. Ibu negaranya, Honiara, terletak di pulau Guadalcanal. Jumlah penduduknya 478.000 (tahun 2005). Kepulauan Solomon telah didiami oleh etnis Melanesia sejak sekitar 30.000 tahun dahulu dan menjadi sebuah negeri naungan Inggris sejak 1890-an. Beberapa pertempuran sengit Perang Dunia II terjadi di sini. Kepulauan Solomon diberi hak untuk pemerintahan sendiri pada tahun 1976 dan kemerdekaan dua tahun kemudian. Negara ini masih menjadi anggota Persemakmuran (Commonwealth). Pendapatan per kapita GDP di Kepulauan Solomon adalah US$1.894 dan meletakkannya sebagai salah sebuah negara yang kurang maju di dunia. Lebih 75% warganya bekerja di bidang pertanian dan perikanan. Industri wisata, terutamanya menyelam, merupakan bisnis terpenting di Kepulauan Solomon. Namun pembangunan dalam industri tersebut terhalang akibat kekurangan infrastruktur dan transportasi. Radio adalah jenis media paling berpengaruh dalam Kepulauan Solomon disebabkan oleh perbedaan dalam bahasa dan kadar buta huruf yang tinggi. Tahun 1997 kerusuhan etnis melanda negeri ini. Pada tahun 2003, pasukan berbagai negara yang dipimpin Australia datang untuk menstabilkan keamanan dan melucuti senjata pihak yang berseteru.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(nrl/ndr)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
43%
Kontra
57%