DetikNews
Senin 04 Juni 2018, 07:38 WIB

Pria Mandi Uang di Bathtub, Polri: Itu Memancing Pelaku Kejahatan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Pria Mandi Uang di Bathtub, Polri: Itu Memancing Pelaku Kejahatan Foto: Screenshot video viral pria mandi uang (Dok Istimewa)
Jakarta - Video seorang pria mandi dengan uang penuh di bathtub viral di media sosial. Dengan uang pecahan Rp 100 ribu yang penuh, pria tersebut mengatakan akan memberi sumbangan kepada banyak pihak.

Terkait hal ini, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan tindakan tersebut tidak tepat. Sebab, menunjukkan uang yang banyak kepada publik dapat memancing niat pelaku kejahatan.


"Mandi uang di bathtub, itu kan memancing niat pelaku kejahatan. Untuk apa? Apa motifnya untuk pamer? Dari sisi agama tak benar. Di sisi keamanan juga tak bagus. Itu artinya memperlihatkan, mengundang niat. Orang yang tak ada niat pun tergoda," kata Iqbal saat dihubungi detikcom, Minggu (3/6/2018) malam.

Dia mengatakan secara prinsip kejahatan terjadi karena ada niat dan kesempatan pelaku dari pelaku. Kejahatan dapat diantisipasi dengan menekan kesempatan para pelaku.


Dia memberi contoh tindakan menekan kesempatan pelaku kejahatan dengan meningkatkan kewaspadaan dan keamanan lingkungan sekitar. Kesempatan juga dapat ditekan dengan tak mengundang perhatian pelaku dengan menampilkan kekayaan.

"Jadi prinsipnya adalah n (niat) + k (kesempatan) = timbul masalah. Kalau ada niat tapi kesempatan itu ditutup masyarakat, nggak akan terjadi kriminal itu," tutur Iqbal.

Dia mengimbau masyarakat untuk ikut menciptakan keamanan bagi diri sendiri. Iqbal mengatakan polisi siap membantu jika masyarakat meminta bantuan keamanan.


"Untuk itu masyarakat tidak menunjukkan. Apalagi ini sudah mau lebaran. Karena kan banyak yang butuh uang dan sebagainya. Jadi misalnya mau gajian atau ambil uang banyak di bank jangan ragu minta bantuan polisi. Kita tak perlu takut tapi harus waspada," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, video pria mandi uang di bathtub itu ramai dibagikan di berbagai platform media sosial. Belum iketahui siapa pria yang mandi duit ini. Dia berbicara dengan tangan menengadah saat mandi duit, sementara ada satu orang lain lagi yang melemparkan gepokan duit ke arah pria yang mandi itu.

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/yas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed