DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 21:16 WIB

Sutiyoso: Saya Pernah Bikin Forum Gubernur dengan Ali Sadikin

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sutiyoso: Saya Pernah Bikin Forum Gubernur dengan Ali Sadikin Mantan Gubernur DKI Sutiyoso (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Gubernur dan wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno berbuka puasa dengan mantan Gubernur DKI Sutiyoso. Kepada keduanya, Sutiyoso mengapresiasi forum gubernur yang akan dibentuk.

Sutiyoso, yang akrab dipanggil Bang Yos, mengaku juga pernah menginisiasi forum gubernur pada masanya. Saat memimpin Jakarta, Bang Yos mengaku secara rutin berkomunikasi dengan gubernur sebelumnya, yaitu Ali Sadikin.

"Saya pernah melakukan waktu jadi gubenurnya. Bahkan Pak Ali Sadikin saya jadikan mentornya dan tiap bulan saya jamu Pak Gubernur untuk silaturahmi untuk tukar pikiran," kata Sutiyoso di kediamannya, Jalan Kalimanggis, Jatisampurna, Bekasi, Senin (19/6/2017).

Bang Yos mengaku gembira dengan kehadiran dari Anies-Sandi. Dia mengatakan telah menceritakan banyak pengalaman selama memimpin Jakarta.

"Saya amat gembira walau saya belum cerita, tapi beliau berdua punya pikiran yang sama dengan saya. Tentu saja kunjungan ini saya manfaatkan untuk menyampaikan pengalaman yang mungkin diperlukan," katanya.

Bang Yos berpesan untuk melanjutkan kebijakan pemerintahan sebelumnya. Pihaknya ingin agar program yang ada memiliki kesinambungan.

"Sebenarnya itu tidak mungkin satu-dua periode menyelesaikan semua masalah. Tapi harus berkesinambungan. Kalau tiap ganti gubernur ganti kebijakan, misalnya di jalur transportasi, itu tidak akan pernah usai," ujarnya.

Sutiyoso optimistis Anies-Sandi dapat mempersatukan warga Jakarta yang sempat terpecah. "Dan saya yakin beliau berdua bisa menyambungkan warga Jakarta," sebutnya.

Sementara itu, Anies Baswedan siap melanjutkan tradisi bersilaturahmi dengan gubernur periode sebelumnya. Ia menyebut silaturahmi ini menjadi tradisi yang baik.

"Insyaallah ini jadi tradisi baik sekaligus juga kepada yang lain-lain. Semuanya di posisi apa pun periode itu terbatas. Apakah itu menteri, apakah itu gubernur, bupati, wali kota. Dialog antara yang pernah berkarya di posisi tertentu dengan penerusnya itu harus selalu dilakukan," paparnya.

Anies menyebut pembentukan forum gubernur sebagai bagian dari proses pembelajaran. Dia ingin mendapat catatan khusus mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memimpin Jakarta.

"Ini meneruskan proses belajar. Ketika seorang gubernur memimpin, di situ ada pengalaman, ada pengetahuan, ada interaksi, yang begitu banyak tidak muncul dalam catatan media," pungkasnya.
(fdu/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed