DetikNews
Senin 24 Oktober 2016, 05:29 WIB

Tjahjo: Plt Gubernur di Pilkada 2017 dari Eselon I Kemendagri

M Iqbal - detikNews
Tjahjo: Plt Gubernur di Pilkada 2017 dari Eselon I Kemendagri Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo sudah menyiapkan sejumlah nama yang akan ditugaskan menjadi Plt Gubernur di beberapa daerah yang melaksanakan Pilkada, termasuk DKI Jakarta. Para Plt Gubernur yang disiapkan untuk bertugas selama 3 bulan berasal dari jajaran pejabat eselon I Kemendagri.

"Pilkada serentak 2015, Plt gubernur semua eselon I Kemendagri berjalan baik tata kelola pemerintahannya, Pilkadanya berjalan lancar sukses. 2015 kan Sulut, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jambi, Bengkulu, Kepri, Sumbar," kata Tjahjo, Minggu (23/10/2016).

Tjahjo menegaskan, para Plt gubernur yang ditunjuk pun menjaga netralitas selama Pilkada berlangsung. Tidak memihak ke salah satu kubu yang tengah bersaing.

"Plt menjalanan tugas sesuai UU dan peraturan yang ada, yang dimaksud netral/independen, kan PNS netral. Bawaslu juga mengawasi kalau dalam menjalankan tugasnya tidak mampu misalnya ya saya sebagai Mendagri bisa menarik dan menggantinya setiap saat. Tidak perlu khawatir toh tanggung jawab sepenuhnya pada saya sebagai Mendagri," jelas Tjahjo.

Berkaca pada pengalaman 2015, maka Mendagri juga akan menerapkan hal serupa. Plt Gubernur yang akan ditugaskan selama Pilkada serentak 2017 juga berasal dari jajaran eselon I Kemendagri.

"Pilkada serentak kedua 2017 ini harus sukses. KPU, Bawaslu sudah semakin profesional, aparat keamaan terpadu khususnya kepolisian sangat profesional untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan-tahapan Pilkada dengan deteksi dini mencermati setiap gelagat perkembangan dan dinamika yang berkembang secara nasional dan daerah," tutur Tjahjo.


(Hbb/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed