detikNews
Rabu 19 Oktober 2016, 12:11 WIB

Kemenhub Buka Beberapa Rute Penerbangan Perintis di Papua Tahun 2017

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kemenhub Buka Beberapa Rute Penerbangan Perintis di Papua Tahun 2017 Foto: Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo (Foto: Kemenhub)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka beberapa rute perintis di Papua pada tahun 2017. Rute mana saja?

"Untuk tahun 2017, Kementerian Perhubungan akan membuka rute perintis udara dari Wamena menuju kota Sobaham, Kuyawage, Bokondini, Mulia," papar Kepala Biro Informasi dan Komunikasi Publik Kemenhub, Bambang S Ervan dalam rilis yang diterima, Rabu (19/10/2016).

Rute perintis dari Wamena itu melebarkan konektivitas dengan Bandara Nop Goliat Dekai di Yahukimo yang memiliki rute perintis ke Wamena. Dari Wamena, Kemenhub sudah mengadakan rute perintis udara menuju kota Elelim, Karubaga, Mamit, Tiam, Kobagma, Mug, Mapenduma, dan Kenyam.

Saat ini Bandar Udara Nop Goliat dilengkapi dengan landasan berukuran 1.950m x 30m, 2 exit taxiway dengan ukuran 75m x 23m, apron berukuran 320m x 60m dan peralatan serta fasilitas penunjang lainnya. Sementara itu gedung terminal Bandar Udara Nop Goliat sendiri memiliki luas 1.900 M2 dan mampu menampung 300 orang penumpang pada jam sibuk.

Presiden Jokowi sendiri sudah mengunjungi Bandara Nop Goliat Dekai pada Selasa (18/10) kemarin. Di hadapan warga, Jokowi berjanji akan memperpanjang run way Bandara Nop Goliat Dekai agar nantinya dapat dilandasi pesawat berbadan besar jenis Boeing.

(Kemenhub)Foto: Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo (Foto: Kemenhub)
(Kemenhub)


"Yang berkaitan dengan airport, memang panjang run waynya masih 1.950 meter. Tapi tadi sudah saya sampaikan ke Menteri Perhubungan agar diperpanjang lagi menjadi 2.500, nanti Boeing bisa turun di sini," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disambut tepuk tangan meriah masyarakat Yahukimo.
(nwk/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com