DetikNews
Selasa 18 Oktober 2016, 12:34 WIB

Kunjungi Yahukimo, Jokowi Resmikan Bandara dan Tetapkan Satu Harga BBM

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kunjungi Yahukimo, Jokowi Resmikan Bandara dan Tetapkan Satu Harga BBM Foto: Noval Dhwinuari Antony/ detikcom
Yahukimo - Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (18/10/2016). Kunjungan ini dalam rangka peresmian Bandara Nop Goliat Dekai, serta penetapan satu harga BBM untuk Papua.

Pukul 09.00 Waktu Indonesia Timur (WIT), Pesawat Kepresidenan RI Boeing 737 800 mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai. Turun dari pesawat, Jokowi yang menggunakan kemeja lengan panjang putih disambut Menteri Perhubungan, Menteri BUMN, Panglima TNI, Gubernur Papua, Bupati Yahukimo, dan beberapa penjabat daerah.

Memasuki lokasi acara tempat peresmian berlangsung, ratusan masyarakat Yahukimo yang telah menunggu kedatangannya dari luar pagar bandara menyambut haru. Beberapa ibu-ibu bahkan tak kuasa menahan tangis saat Jokowi melambaikan tangan ke arah mereka.

"Terimakasih Bapak Presiden sudah mau kunjungi kami di Yahukimo," teriak seorang Ibu sambil menangis.

Jokowi merupakan Presiden RI pertama yang menginjakkan kaki di Tanah Yahukimo. Kehadirannya menggunakan pesawat Kepresidenan menjadi tontonan yang dirindukan masyarakat selama ini.
Kunjungi Yahukimo, Jokowi Resmikan Bandara dan Tetapkan Satu Harga BBMFoto: Noval Dhwinuari Antony/ detikcom

"Baru kali ini kita bisa lihat pesawat besar Kakak, kami sangat senang. Kemarin kami sampai potong-potong pohon dekat pagar bandara sana biar bisa lihat pesawat Bapak Presiden," ungkap salah satu warga, Musa Pekei.

"Saya berbahagia sekali saya senang sekali bisa hadir di Yahukimo," ujar Jokowi mengawali sambutannya.

Jokowi lalu meresmikan Badara Nop Goliat Dekai dan menetapkan 'Satu Harga BBM untuk Papua', yang ditandai dengan pemukulan Tiva dan penandatanganan prasasti.

Jokowi kemudian melanjutkan kunjungan ke tengah Kota Dekai, Ibu Kota Yahukimo. Di luar pintu masuk Bandara, mobil Kepresidenan RI 1 sempat terhenti menunggu Jokowi yang membagikan cendera mata ke masyarakat. Paspampres sempat dibuat kelabakan karena banyaknya masyarakat yang berebut.

Tepat pukul 11.45 WIT, usai mengunjungi masyarakat di tengah Kota Dekai, Pesawat Kepresidenan RI Boeing 737 800 lepas landas meninggalkan Yahukimo.

"Selamat tinggal Bapak Presiden, terimakasih sudah mau lihat-lihat kami di sini," teriak seorang anak, Fian Stefanus sambil melambaikan tangan dari luar pagar Bandara Nop Goliat Dekai.
(Hbb/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed