Sah! Ignasius Jonan Jadi Menteri ESDM, Arcandra Wakil Menteri

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jumat, 14 Okt 2016 13:40 WIB
Foto: Pelantikan menteri ESDM dan wakil menteri ESDM (Maikel Jefriando/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo akhirnya resmi melantik Menteri ESDM baru setelah posisinya kosong sekitar 2 bulan. Jabatan Menteri ESDM kini diisi Ignasius Jonan, sementara wakilnya Arcandra Tahar.

Pelantikan digelar di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (14/10/2016). Pengangkatan itu tertuang dalam Keputusan Presiden dalam dua nomor berbeda, yaitu nomor 114 dan 115.

Pengambilan sumpah jabatan didampingi oleh rohaniawan. Presiden Jokowi kemudian membacakan isi dari sumpah jabatan yang diikuti oleh Jonan sebagai Menteri ESDM dan Arcandra sebagai Wamen ESDM.

"Bersedia Saudara diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?" tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab Jonan dan Arcandara.

Keduanya lalu membaca sumpah janji dipandu Presiden Jokowi.

"Demi Tuhan saya berjanji/Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setiap kepada Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan ajan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggungjawab. Bahwa saya akan menjaga integritas tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela" (miq/fdn)