Ingin Belajar Bahasa Bali, Sekarang ada Software-nya

Laporan dari AS

Ingin Belajar Bahasa Bali, Sekarang ada Software-nya

Shohib Masykur - detikNews
Minggu, 14 Feb 2016 04:40 WIB
Foto: BasaBali
Foto: BasaBali
Washington DC - Mereka yang ingin belajar bahasa Bali pasti akan terbantu dengan adanya perangkat lunak ini. Belajar Bahasa Bali, itulah nama perangkat lunak yang berisi pelajaran bahasa Bali tersebut. Pembuatnya adalah Yayasan BASAbali yang berbasis di Washington DC, Amerika Serikat.

"Tujuan kami adalah untuk merayakan bagaimana bahasa minoritas di Indonesia dapat hidup berdampingan dan berkembang bersama dengan bahasa nasional," kata Direktur Pendiri BASAbali, Alissa Stern, dalam rilis yang diterima detikcom, (13/2/2016).

Untuk memprogram perangkat lunak tersebut, BASAbali bekerja sama dengan ahli bahasa, videografer, antropolog, ahli perangkat lunak, dan guru bahasa. Untuk memudahkan, instruksinya dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Perangkat lunak yang menampilkan perpaduan gambar dan suara itu diberikan secara cuma-cuma kepada organisasi-organisasi non-profit, di samping dimasukkan sebagai kurikulum di sekolah menengah di Denpasar. Selain perangkat lunak, dikembangkan pula kamus online Bali-Inggris-Indonesia yang beralamat di http://dictionary.basabali.org/.

"Tantangan untuk mengajarkan bahasa daerah di Indonesia antara lain adalah kurangnya media pembelajaran yang menarik sehingga siswa sukar terlibat aktif dan menyukai proses belajar," kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC, Ismunandar. (imk/imk)