Lagi! Anggota DPR Dilaporkan ke MKD Atas Dugaan Ijazah Palsu

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 05 Jun 2015 14:46 WIB
Materi laporan
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Iwan Kurniawan, dilaporkan oleh sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat ke Majelis Kehormatan Dewan (MKD) atas dugaan penggunaan ijazah sarjana palsu. Seorang pria dari LSM tersebut mendatangi DPR pukul 13.30 WIB.

"Saya melapor ke Majelis Kehormatan Dewan‎ soal dugaan ijazah palsu atas nama anggota dewan daerah pemilihan Kalimantan Tengah dari Gerindra, Iwan Kurniawan," kata Direktur Eksekutif LSM Forum Kalimantan Membangun, Supriyadi Natae, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (5/6/2015).‎‎

Laporannya diterima oleh staf MKD DPR. Rencananya dia juga akan meneruskan laporan ini ke Ketua DPR pada Senin (8/6)‎. Dia membawa berkas yang berkaitan dengan laporannya, yakni Daftar Riwayat Hidup Bakal Calon Anggota DPR RI yang diserahkan ke KPU pada Pileg yang lalu.

"Kami juga sudah cek ke fakultas di Universitas Tri Tunggal, Surabaya (almamater Iwan Kurniawan dalam ijazah), dan univer‎sitas tersebut tidak pernah mengeluarkan ijazah atas nama itu. Dugaan kami, itu adalah palsu," kata Supriyadi.

Pada 2009, Supriyadi menyebut Iwan‎ hanya memakai ijazah SMA. Namun lantas Supriyadi memakai Ijazah Sarjana Hukum. Dia menunjukkan keterangan Rektor Universitas Tri Tunggal bernama Rugaya.

Sebelumnya, ada juga anggota DPR yang dilaporkan atas gelar palsu, yaitu anggota Fraksi Hanura Agung Mula Putra Natamenggala. Agung dilaporkan atas dugaan penggunaan gelar doktor palsu. Politikus asal Lampung itu sudah membantah penggunaan gelar doktor palsu tersebut.

Di profil situs www.dpr.go.id, Iwan Kurniawan memakai gelar SH, alias sarjana hukum. Belum ada tanggapan dari Iwan soal laporan ini. Nomor selulernya tak aktif saat dihubungi.



(dnu/trq)