MUI Kecewa Tak Diajak Duduk Bareng Soal Situs yang Diblokir

- detikNews
Selasa, 07 Apr 2015 17:28 WIB
dyta/detikcom
Jakarta - Belasan situs diblokir Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). MUI kecewa atas pemblokiran tersebut, terlebih tidak diajak duduk bareng atas keputusan tersebut.

"Jangan begitu dong merusak harmoni di NKRI yang tercinta ini atau bertanya kepada MUI sebagai lembaga tertinggi umat Islam atau ke ormas-ormas Islam juga boleh. Jangan kemudian memutuskan sendiri," ujar Ketua MUI Din Syamsuddin, dalam jumpa pers di Kantor MUI, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/4/2015).

Menurut Din, 'gaya' pemerintah memblokir situs tidak boleh terjadi lagi. Apalagi 'gaya' tersebut sudah diperbaiki pada era reformasi.

"Kan tidak ada salahnya dipanggil, tabayyun (mencari kejelasan)," katanya.

MUI dan ormas Islam menolak terorisme dan mengecam radikalisme keagamaan. Namun hal tersebut jangan diartikan MUI membela hal-hal negatif.

"Cuma yang menjadi fokus perhatian MUI cara pemerintah tanpa komunikasi, tanpa dialog, tanpa persuasi. Sama aaja pukul duluan urusan belakangan, nah ini yang kami kritik," tuturnya.

BNPT juga dikritik MUI. Dengan memblokir belasan situs maka akan memunculkan ratusan ribu situs baru.

"Ini semakin mendorong radikalisme karena kekecewaan pada negara dengan rezim yang represif seperti yang ditunjukkan sekarang ini," ucap Din.


(nik/try)