Laporan dari Jepang

Gaya Jokowi Presentasikan Investasi di Indonesia ke Para Pengusaha Jepang

- detikNews
Selasa, 24 Mar 2015 12:09 WIB
Jakarta - Presiden Joko Widodo berbicara di depan pengusaha yang tergabung dalam Bisnis Forum Indonesia-Jepang. Bak seorang marketer, Jokowi pun turun langsung mempresentasikan peluang bisnis di Tanah Air kepada para pebisnis itu.

Berjas Hitam dipadu dasi merah menyala‎, Jokowi penuh percaya diri berjalan ke depan panggung, Hotel The New Otani, Tokyo, Jepang, Selasa (24/3/2015). Hanya beberapa menit Jokowi berada di podium.

Selebihnya, Jokowi berjalan seorang diri ke bibir panggung‎. Ia mendekati big screen yang berisi data proyeksi ekonomi dan peluang-peluang bisnis di Tanah Air.

‎Mulai dari sektor pertanian, perkebunan, pembangunan jalan tol, pelabuhan, tol laut hingga pembangkit listrik, dikupas sendirian oleh Jokowi. Dia berbicara dengan bahasa Indonesia yang diterjemahkan langsung oleh seorang interpreter.

"Ini peluang masuk investor dari Jepang karena dibangung dari dana APBN tapi sebagian besar kita beri ke investor," kata Jokowi sambil memegang microphone.

‎Soal rencana membangun 35 ribu Megawatt pembangkit listrik, Jokowi mengakui banyak pihak yang menilai keinginannya itu terlalu ambisius. Namun dia yakin bisa tercapai, apalagi jika ada investor Jepang yang punya pengalaman andal di sektor ini.

Jokowi juga berpromosi soal perizinan satu atap yang mulai diterapkan secara nasional. Keberadaan pelayanan ini telah memotong waktu pengurusan izin usaha yang biasanya bisa mencapai ribuan hari.

"Sebuah pemotongan yang sangat panjang," tandasnya.


(mok/bar)