Jauhkan CFD dari Demo, Pemprov Harus Siapkan Taman Demokrasi

Septiana Ledysia - detikNews
Selasa, 24 Mar 2015 07:58 WIB
CFD hari Minggu 22/3/2015
Jakarta -

Warga Jakarta mengeluhkan ajang Car Free Day sudah tidak lagi nyaman untuk berolah raga dikarenakan sudah dipenuhi untuk ajang demontrasi. Untuk merubah CFD kembali seperti awal, Pemprov DKI diminta untuk menyiapkan taman demokrasi untuk para pendemo.

"Dari pada melakukan demo di CFD sebaiknya demo langsung di tempatnya atau Pemprov menyediakan taman demokrasi untuk para masyarakat yang ingin menyuarakan pendapatnya," ujar pengamat perkoataan Yayat Supriyatna saat berbincang, Selasa (24/3/2015).

Yayat mengatakan, pihak kepolisian bisa menjaga dan mengatur jalannya Car Free Day. Polisi juga diminta untuk memberikan informasi yang jelas mengenai jadwal demo.

"Polisi bisa mengatur jam demo, apa hari libur diperbolehkan apa tidak. Biar masyarakat juga jelas," terang Yayat.

Yayat menuturkan, jika semua pihak kembali menjalankan perannya dengan baik, acara CFD akan kembali menyenangkan seperti dulu. "Yang pasti jangan dihilangkan. CFD itu harus enjoy, enjoy Jakarta," tutupnya.

Sebelumnya, Muhammad Rahaditya, salah seorang warga Jakarta, mengeluhkan makin tak nyamannya CFD. CFD tak lagi sebagai acara berolahraga, tapi juga sebagai tempat demonstrasi, berjualan dan juga lokasi untuk beriklan.

"Awalnya tahun 2007-2011 masih dirasakan kenyamanan CFD tersebut untuk olahraga lari, berjalan kaki atau juga bersepeda. Namun, sekarang ini CFD sudah beralih fungsi menjadi tempat demo, jualan dan lokasi iklan," ujar Rahaditya kepada detikcom, Senin (23/3/2015).

"Di mana momen kenyamanan untuk olahraganya? Mohon Pemda lebih bisa fokus untuk memperbaiki kondisi ini," pintanya.

(spt/ahy)