Ini Alasan Begal Nasabah Bank Pakai Jari-jari Payung Sebagai Ranjau Paku

- detikNews
Kamis, 05 Mar 2015 12:43 WIB
Foto: @TMCPoldaMetro
Jakarta - Begal nasabah bank yang diringkus polisi memakai jari-jari payung sebagai ranjau paku. Jari-jari payung ini lebih efektif untuk membuat ban mobil bocor dibanding paku biasa.

Kapolres Tangerang Kombes Irfing Jaya mengatakan, jari-jari payung memiliki rongga di bagian tengahnya. Sehingga ban mobil yang kena benda ini pasti bocor.

"Meski mobilnya pakai ban tubles tetap bocor kalau kena jari-jari payung ini," kata Irfing kepada detikcom, Kamis (5/3/2015).

Ban mobil Avanza hitam yang kempes akibat kena ranjau paku sudah diamankan polisi sebagai barang bukti. Pada ban itu terlihat ada bolongan akibat bekas ranjau paku yang ditebar para bandit ini.

Sebelum beraksi para begal ini biasanya mengintai nasabah yang bertransaksi di bank. Setelah mendapatkan sasaran, begal yang ada di bank memberi informasi pada rekannya di luar untuk menebar ranjau. Begitu mobil nasabah lewat dan kena ranjau paku mereka menunggu sampai nasabah itu mengganti ban mobilnya.

"Saat pengemudinya keluar ganti ban, mereka lalu mengambil uang dari dalam mobil," katanya.

Namun saat begal beraksi mengambil uang dari mobil Avanza hitam, ternyata di dalam mobil itu ada istri korban. Wanita ini berteriak sehingga akhirnya salah seorang begal bisa ditangkap. Warga langsung berdatangan dan memukuli pelaku bahkan hendak membakarnya. Nyawa pembegal itu terselematkan ketika polisi datang sehingga warga mengalihkan emosi dengan membakar motor pelaku. Peristiwa pembakaran motor begal ini terjadi Rabu (4/3) sekitar pukul 11.00 WIB.

(nal/try)