Komisi II: APBD Sudah Siap, Pilkada Serentak Bisa Saja Bulan November

Komisi II: APBD Sudah Siap, Pilkada Serentak Bisa Saja Bulan November

- detikNews
Senin, 09 Feb 2015 19:55 WIB
Jakarta - Undang-Undang Pilkada masuk ke dalam prioritas pada Prolegnas periode 2015-2019. Ketua Komisi II DPR RI Rambe Komaruzzaman yakin pembahasannya akan cepat dan Pilkada serentak dapat segera dieksekusi.

"Ini kan APBD kita sudah siap. Bisa lah dilakukan bulan November (2015). Tapi ini harus disosialisasikan dengan baik," ujar Rambe di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (9/2/2015).

Setidaknya akan ada tiga gelombang Pilkada sebelum akhirnya serentak dilakukan secara nasional. Gelombang pertama adalah pada November 2015 seperti yang dikatakan Rambe, kemudian berikutnya pada Februari 2016.

Selanjutnya ada pula yang dilakukan pada tahun 2017. Hal ini agar potongan masa jabatan kepala daerah tidak terlalu panjang.

"Kita sepakat memperpendek potongan masa jabatan kepala daerah dari yang sebelumnya bisa 10 bulan menjadi maksimal 6 bulan saja. Sehingga pada tahun 2019 sudah tidak ada lagi Pilkada," kata Rambe.

Politisi Golkar ini yakin pembahasan undang-undang hingga Paripurna akan berlangsung cepat. Sehingga tak ada pihak yang merasa prosesnya lambat.

(bpn/vid)