Aksi Ichiro di Jalanan

Ini Pendapat Polisi Soal Ichiro yang Tabrak Kendaraan Pelanggar Lalu Lintas

Mei Amelia R - detikNews
Senin, 02 Feb 2015 17:12 WIB
Jakarta -

Aksi seorang pengendara mobil off road yang menabrakkan mobilnya ke pelanggar lalu lintas, ramai menjadi perbincangan di media sosial. Ada yang menanggapinya positif dan ada pula yang menghujatnya. Lalu bagaimana aksi ini menurut kacamata kepolisian?

"Masyarakat sebaiknya jangan melakukan pelanggaran hukum bila menemukan sesuatu hal yang melanggar hukum," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Martinus Sitompul kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (2/2/2015).

Menurut Martinus, tindakan pengemudi yang menamai kendarannya dengan Ichiro itu tidak bisa menjadi pembenaran, kendati yang dia lakukan adalah untuk menyadarkan si pelanggar lalu lintas. Menurutnya lagi, tindakannya itu dikhawatirkan menimbulkan reaksi negatif dari orang yang ia tubruk.

"Jangan sampai nanti dengan tindakannya itu orang yang ditabraknya itu menjadi tidak suka, kemudian terjadi perkelahian dan sebagainya. Nah ini kan menimbulkan pidana baru pada akhirnya," jelasnya.

Martinus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap bersabar dalam berlalu lintas. Dia juga mengimbau masyarakat untuk melapor ke petugas lalu lintas jika menemukan pelanggaran di jalan.

"Lebih baik melapor kepada petugas biar petugas yang menindak. Karena petugas lalu lintas dia punya payung hukumnya dalam menindak pelanggar," tuturnya.

Dia juga mengatakan, "Sebatas mengingatkan tidak apa, tetapi jangan sampai menimbulkan permusuhan."

(mei/ndr)