Kereta Berhenti Lewat Batas di Stasiun Kota, Ini Penjelasan PT KAI

- detikNews
Jumat, 26 Des 2014 08:36 WIB
Foto: Kereta di Stasiun Kota yang berhenti lewati batas (Andika/pembaca)
Foto: Kereta di Stasiun Kota yang berhenti lewati batas (Andika/pembaca)
Jakarta - Sebuah kereta mengalami kecelakaan tunggal karena berhenti melewati batas, dan naik ke lantai di Stasiun Kota Jakarta. Kepala Humas Daerah Operasi (Daop) I PT KAI, Agus Komarudin mengatakan kecelakaan pada lokomotif kereta itu terjadi saat tengah menyusun rangkaian kereta.

"Itu lokomotif, sedang melansir rangkaian di jalur 10," kata Agus Komarudin saat dihubungi detikcom, Jumat (26/12/2014).

Agus menerangkan, kejadian itu berlangsung sekitar pukul 06.20 WIB. Lokomotif yang naik ke lantai itu bernomor CC 2018907. Agus belum bisa memastikan penyebabnya, karena masih perlu dicek.

"Itu masih di jalur 10, tiba-tiba anjlok. Ada pembatasnya, dia lewatin batas saat (petugas) sedang menyusun rangkaian," ujarnya.

Sebelumnya, seorang pembaca detikcom Andika, mengirimkan foto melalui pasangmata.com pukul 06.57 WIB, kereta di jalur 10 berhenti melewati batas dan naik ke lantai di Stasiun Kota, Jakarta.

Dari foto yang dikirimkan, tampak kereta yang berada di lajur paling pinggir menggerus lantai stasiun sekitar 3-5 meter dan menabrak kursi tempat penumpang menunggu kereta. Tinggi kereta bahkan tampak sejajar dengan atap stasiun.

"Saya nggak tahu persis kejadiannya jam berapa, tapi itu kayaknya gerbong kereta ke luar kota, bukan kereta commuter," ucap Andika yang hendak bekerja itu.

Belum diketahui ada tidaknya korban dalam kecelakaan itu. Namun pengunjung stasiun dan calon penumpang dibuat terheran-heran dengan kejadian tersebut. "Ini baru pertama kejadian," ucap Andika yang tinggal di dekat Stasiun Kota.

(iqb/mpr)