Jokowi Kembali Naik Kelas Ekonomi dalam Penerbangan Pulang dari Semarang

- detikNews
Selasa, 02 Des 2014 16:50 WIB
Jokowi di kelas ekonomi
Jakarta - Presiden Jokowi sore ini kembali ke Jakarta setelah blusukan di Semarang, Jawa Tengah. Jokowi kembali menggunakan pesawat komersil kelas ekonomi Garuda Indonesia.

Pantauan detikcom, Selasa (2/12/2014), pesawat yang Garuda Indonesia GA243 akan bertolak pukul 16.30 WIB. Posisi duduk Jokowi sama persis ketika saat berangkat dari Jakarta. Jokowi duduk di kursi nomor 44 A dan didampingi oleh Seskab Andi Widjajanto di kursi 44 C.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga terlihat di pesawat yang sama. Namun posisinya agak jauh dari kursi Jokowi.

Apa yang dilakukan Jokowi ini sama persis dengan keberangkatannya dari Jakarta ke Semarang pagi tadi. Seskab Andi Widjajanto menyatakan penggunaan pesawat komersil terkait dengan rombongan kecil yang dibawa Jokowi.

“Rombongan kecil. Presiden, Seskab, staf pribadi, dan beberapa Paspampres. Kalau pakai Indonesia-1, (kursi) di belakang kosong. Presiden memilih menggunakan pesawat komersil,” tutur Seskab Andi Widjajanto di sela-sela kunjungan Jokowi ke Akpol, Semarang, Selasa (2/12/2014).

Jokowi juga ingin melihat kondisi riil bandara di Semarang. Rencananya Jokowi akan meninjau Bandara Ahmad Yani bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat akan bertolak kembali ke Jakarta sore hari nanti.

Alasan lain penggunaan pesawat komersil adalah penghematan. Oleh karena itu sang kepala negara duduk di kelas ekonomi.

(mpr/fjp)