18 Politikus KMP Teken Pengajuan Interpelasi ke Jokowi, Ini Daftarnya

- detikNews
Senin, 24 Nov 2014 15:38 WIB
Jakarta -

Golkar menjadi inisiator untuk menggulirkan interpelasi ke Presiden Joko Widodo terkait kenaikan harga BBM. Hingga siang ini, sudah ada 18 anggota DPR dari Koalisi Merah Putih, kecuali Partai Demokrat, yang menandatangani formulir pengajuan hak interpelasi.

"Teman-teman anggota yang telah menginisiasi untuk menandatangani interpelasi terhadap kebijakan ini, kami akan sama-sama memfasilitasi hak anggota tersebut. Insya Allah hari Rabu (26/11) akan disampaikan hasilnya," kata Ketua Fraksi Golkar Ade Komaruddin dalam konferensi pers di Gedung DPR, Senayan, Jakpus, Senin (24/11/2014).

Dalam konferensi pers itu, hadir dari Golkar Bambang Soesatyo dan Misbakhun. Sementara dari Gerindra ada Desmon J Mahesa, Kardaya Warnika, dan Hary Poernomo, Totok Daryanto dan Yandri Susanto dari PAN, serta Jazuli Juwaini dan Aboe Bakar Al Habsy dari PKS. Ketua Fraksi PD Edhie Baskoro Yudhoyono awalnya dikatakan akan hadir, namun tak tampak hingga berakhirnya konpers.

Sekretaris Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo mengklaim bahwa hampir semua anggota DPR dari KMP akan menandatangani hak interpelasi tersebut. Namun, hingga konpers berakhir, baru 18 orang yang tanda tangan.

"Kalau semua tanda tangan ada 325 orang. Golkar 87 akan tanda tangan dari total anggota 90, 3 dari kami agak susah dipegang. PKS dipastikan 40. PAN akan 48. Demokrat masih dikonsolidasikan di fraksi tapi saya yakin semuanya akan tanda tangan. Gerindra, 73 ya?" kata Bambang memastikan.

Namun, politikus Gerindra Desmon pesimistis semua anggota fraksinya akan tanda tangan. "Lima orang yang sudah tanda tangan. Kalau 73 kan belum tanda tangan," ujar Desmon.

Fraksi PD belum mau ikut mengajukan interpelasi. Waketum PD Agus Hermanto mengatakan fraksinya masih menunggu penjelasan resmi dari pemerintah soal kenaikan harga BBM. Jika tak memuaskan, baru PD akan mengajukan interpelasi.

Berikut adalah nama 18 anggota DPR dari KMP yang sudah tanda tangan hak interpelasi:

1. Mukhamad Misbakhun (Golkar)
2. Eka Sastra (Golkar)
3. M Sarmuji (Golkar)
4. M Suryo Alam (Golkar)
5. John K Azis (Golkar)
6. Bambang Soesatyo (Golkar)
7. Moh Nizar Zahro (Gerindra)
8. Harry Poernomo (Gerindra)
9. Abdul Hakim (PKS)
10. Totok Daryanto (PAN)
11. Yandri Susanto (PAN)
12. Jazuli Juwaini (PKS)
13. Desmond J Mahesa (Gerindra)
14. Aboe Bakar (PKS)
15. Kardaya Warnika (Gerindra)
16. Budi S (Golkar)
17. H M Luthfi (Golkar)
18. Kahar Muzakir (Golkar)

(imk/trq)