Ratusan Gerobak Makanan Gratis Siap di Monas, Namun Belum Layani Warga

Ratusan Gerobak Makanan Gratis Siap di Monas, Namun Belum Layani Warga

- detikNews
Senin, 20 Okt 2014 08:15 WIB
Jakarta - Ratusan gerobak pedagang kaki lima sudah memadati kawasan Monas. Namun tak seperti pedagang di Jalan Thamrin yang sudah melayani warga, pedagang di Monas belum membuka lapaknya. Para pedagang ini baru mulai melayani warga pukul 16.00 WIB.

Beberapa gerobak yang rata-rata berjualan bakso ini masih tampak kosong. Sebagian lainnya tampak telah berisi mie kuning dan mie putih. Meski demikian, para pedagang ini belum dapat melayani permintaan makan gratis.

"Belum ada baksonya. Gimana saya mau layani," kata salah seorang pedagang bakso asal Kemayoran, Karsikun (38) di Monas, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014).

Menurut Karsikun, ia hanya diminta oleh panitia untuk menyediakan gerobak, mie dan tenaga. Sisanya, seperti air, saos, bumbu, mangkuk dan sebagainya disiapkan oleh panitia. Jika perlengkapan tersebut telah diberikan, mereka dapat langsung melayani permintaan makan warga.

"Kami diberi 150 mangkuk bakso dari panitia. Pokoknya ini dihabisin saja. Siapapun boleh makan gratis," tambah pedagang lain, Turyono (44).

Menurut panitia penyelenggara bagian konsumsi, Nanang, makan gratis ini baru bisa dinikmati sekitar pukul 16.00 WIB, saat Jokowi dijadwalkan hadir di Monas. Ada 670 gerobak yang telah disediakan oleh panitia dengan berbagai macam menu seperti bakso, ketoprak dan siomay.

"Totalnya 149.500 porsi khusus untuk di Monas," ujar Nanang.

Sebelum pukul 16.00 WIB, panitia akan menyediakan roti dan makanan ringan bagi seluruh pengunjung yang hadir. Roti tersebut akan dibagikan secara gratis.

"Selama persediaan snack masih ada, siapapun boleh menikmati," kata Nanang.

Rencananya, sekitar pukul 10.00 WIB, panitia akan menyelenggarakan nonton bareng pelantikan Jokowi-JK dari panggung utama. Ada beberapa layar besar yang telah terpasang dan siap digunakan untuk nonton bareng.

(kff/nal)