Jokowi Akan Pakai Mobil Kepresidenan SBY

- detikNews
Minggu, 19 Okt 2014 13:32 WIB
Jakarta - Tinggal sehari Joko Widodo akan memegang jabatan sebagai presiden untuk 5 tahun ke depan. Sejumlah fasilitas negara akan melekat pada dirinya termasuk mobil kepresidenan.

Untuk urusan mobil kepresidenan, Jokowi memilih untuk menggunakan mobil kepresidenan RI-1 yang selama ini digunakan Presiden SBY. Menurutnya, mobil kepresidenan saat ini masih bagus sehingga tak perlu diganti yang baru.

"Mobil kepresidenan nggak akan beli baru‎. Akan pakai yang ada," kata Jokowi usai gladi resik di gedung MPR, Senayan, Jakarta, Minggu (19/10/2014).

Mobil kepresidenan yang digunakan SBY saat ini adalah Mercedes Benz 600 versi 2008 yang baru digunakannya pada tahun 2009. Mobil kepresidenan Mercedes Benz 1994 yang sebelumnya digunakan sejak jaman Soeharto menjadi presiden kini dijadikan cadangan.

Mobil ini dilengkapi kecanggihan dan teknologi tinggi seperti anti peluru di seluruh bodi kendaraan, mampu melaju dengan kecepatan 210 km/jam dan tahan dengan ledakan serta masih dapat melaju sejauh 60 km meski ‎bannya kempes.

(bil/kha)