DetikNews
2014/10/08 12:50:23 WIB

Tak Pernah 'Mulus', Begini Transisi Presiden dari Sukarno Hingga SBY

- detikNews
Halaman 1 dari 6
Tak Pernah Mulus, Begini Transisi Presiden dari Sukarno Hingga SBY
Jakarta -

Sejak Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 hingga kini, pemerintahan Indonesia telah mengalami enam kali peralihan kekuasaan. Sayangnya belum pernah sekali pun transisi presiden itu berlangsung secara 'mulus'. Selalu ada peristiwa tak menyenangkan yang melatarbelakangi suksesi kepemimpinan nasional tersebut.

Pada 20 Oktober nanti, Indonesia kembali akan melakukan transisi kepemimpinan dari Susilo Bambang Yudhoyono ke Joko Widodo (Jokowi). Barangkali ini lah untuk pertama kalinya peralihan kekuasaan akan berlangsung 'mulus'. Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla terpilih secara demokratis melalui pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 9 Juli lalu.

Presiden Yudhoyono berjanji menyukseskan peralihan kepemimpinan secara terhormat. Sebuah tradisi suksesi kepemimpinan telah dirancang. Presiden SBY akan menyiapkan upacara penghormatan untuk menyambut Presiden yang baru, Jokowi.

"Pada 20 Oktober, setelah sidang MPR, saya akan bersiap di Istana untuk menyambut presiden yang baru dengan upacara militer yang baik. Kami berdua akan menerima penghormatan, setelah itu masuk ke dalam Istana, farewell dengan lembaga kepresidenan," kata Yudhoyono di kantor Kementerian Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (2/6/2014) lalu.

Di Istana, SBY akan mengucapkan salam perpisahan dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai kepresidenan. Setelah itu, SBY akan kembali ke masyarakat. "Saya akan meninggalkan Istana, menerima penghormatan terakhir, dan kembali ke masyarakat luas," kata SBY.

Peralihan kekuasaan dari Yudhoyono ke Jokowi akan menjadi sejarah baru bagi Indonesia, Setelah lima kali transisi Presiden (SBY menjabat dua periode) sebelumnya tak pernah berjalan 'mulus'.

Beginilah proses transisi kekuasaan dari zaman Sukarno hingga Yudhoyono.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed