Jokowi 'Ajak' Mobil Kepresidenan dan Paspampres Blusukan ke Rawa Kendal

- detikNews
Selasa, 26 Agu 2014 13:49 WIB
Jakarta -

Presiden terpilih Joko Widodo masih sibuk dengan bulusukannya sebagai gubernur DKI Jakarta. Ia mengajak Paspampres yang mengawalnya blusukan di lokasi Waduk Rawa Kendal, Rorotan, Jakarta Utara.

Jokowi ditemani Kepala Dinas PU, Rudi Manggas Siahaan meninjau lokasi waduk Rawa Kendal di Rorotan, Jakarta Utara, Selasa (26/8/2014).

Ini adalah blusukan pertama Jokowi sejak dikawal Paspampres pada Sabtu (23/8) lalu. Meski sudah dikasih mobil kepresidenan, Jokowi tetap memilih menumpangi Toyota Innova hitamnya yang kerap dipakainya blusukan selama menjabat sebagai Gubernur.

Dari lokasi blusukan awalnya di pengeboran sodetan Ciliwung-KBT, Jokowi menuju lokasi Waduk Rawa Kendal yang berada di tengah perkampungan warga Rorotan, Jakarta Utara.

Untuk mencapai lokasi waduk, iring-iringan Jokowi harus menyusuri jalan-jalan kecil yang hanya terdiri dari 2 ruas jalur. Mobil kepresidenannya pun diajaknya menyusuri jalan-jalan kecil itu. Saat rombongan menyusuri jalan Raya Rorotan, anak-anak sekolah yang baru pulang berkumpul di depan sekolahnya. Mereka menunggu iring-iringan dan nampak melabaikan tangan.

Paspampres pun diajak Jokowi bertemu warga yang selama ini sering disapanya saat blusukan. Saat tiba di lokasi waduk, warga yang sudah menunggu Jokowi langsung mengekor di belakangnya. Beberapa personil Paspampres dan perwira polisi sesekali nampak menahan warga yang mencoba terlalu dekat dengan Jokowi.

Meski Jokowi menapaki lumpur kerukan waduk yang mengering, warga tetap ikut. Untuk menjamin keamanan Jokowi sebagai presiden terpilih, dalam jarak dekat setidaknya ada 4 anggota Paspampres. 4 anggota lainnya mengawasi dan menjaga jarak warga dengan Jokowi.

"Wah pak Jokowi sekarang udah nggak bisa didekati ya. Presiden sih," ujar salah seorang warga yang ingin mendekati Jokowi namun ditahan Paspampres.

Terganggukah Jokowi?

"Biasa aja. Standarnya sudah seperti ini. Nggak ada yang susah. Yang kesusahan mungkin Paspampresnya, hehehe," ujar Jokowi sambil menaiki mobil Innovanya.

(bil/ndr)