Kabut Asap Ganggu TNI AU Cari Pesawat MAS di Selat Malaka

- detikNews
Jumat, 14 Mar 2014 16:21 WIB
Dok Puspen TNI AU
Medan - Upaya pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 masih terus dilakukan pesawat intai maritim TNI Angkatan Udara. Pada pencarian hari ini, kabut asap sempat menjadi kendala.

Pada Jumat (14/3/2014) pesawat nomor AI-7303 jenis Boeing 737-200 milik TNI AU terbang dua kali dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pesawat itu melakukan pencarian di Selat Malaka.

Saat terbang di sisi barat Selat Malaka, pencarian terkendala kabut asap. Pandangan terganggu karena kabut itu, pencarian lantas diarahkan ke sisi timur.

Kabut asap itu membuat pencarian tidak optimal. Pesawat pun turun untuk mendapatkan jarak pandang yang ideal, namun memang belum menemukan tanda-tanda keberadaan pesawat MAS yang hilang itu.

"Semua sudah kami pindai dari mulai areal sejajar Kuala Lumpur, tentu di batas wilayah Indonesia, hingga Lhokseumawe," kata Letnan Kolonel (Pnb) Bambang Sudewo, Komandan Skadron Udara 5, yang juga pilot pesawat nomor AI-7303 jenis Boeing 737-200 usai mendarat Jumat siang.

Pencarian kemungkinan akan dilanjutkan lagi besok. Fokus pencarian akan diarahkan ke sekitar Laut Andaman.



(rul/try)