Pemerintah Siapkan Pesawat Hercules untuk Kendalikan Kebakaran Hutan

- detikNews
Kamis, 27 Feb 2014 18:00 WIB
Jakarta - Kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan muncul lagi. Pemerintah telah menyiapkan pesawat Hercules, Casa dan juga helikopter untuk mengendalikan kebakaran yang selalu datang berulang itu.

Menko Kesra Agung Laksono mengatakan pemerintah menyiapkan dua pesawat Hercules C-130 dan enam pesawat Casa 212-200 untuk memodifikasi cuaca. Lalu dua pesawat amfibi DE-200, dua helikoper Kamov, dua helikopter Sikorsky dan empat helikoper Bolcow disiapkan untuk melakukan water booming.

"Sejauh ini kebakaran hutan dan lahan terjadi bukan karena alam tapi karena pihak-pihak yang bertanggung jawab," kata Agung usai rapat antisipasi dampak musim kemarau dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Kemenko Kesra, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2014).

Untuk menjaga agar tak ada pembakaran lahan maka dikerahkan penegak hukum seperti Polri, TNI, Kejaksaan dan juga PPNS dari Kementan, KLH, Kementan dan pemda setempat. "Ini semua dilibatkan agar tidak ada pembakaran hutan dan lahan secara liar. Prediksi BMKG musim kemarau melanda di bulan April, Mei dan Juni," katanya.

Semantara itu, Brigjen Pol Gatot Subroto mengatakan selama 2013 Polri telah menangani 25 kasus terkait pembakaran lahan di Riau dan menetapkan 23 orang tersangka. Sedangkan di Kalimantan Tengah ada 16 kasus yang ditangani dan ada 16 kasus yang ditetapkan sebagai tersangka.

"Untuk 2014 di Riau ada 31 kasus yang ditangani dengan tersangka sebanyak 23 orang," katanya.



(nal/nrl)