Dikunjungi SBY, Bupati Enrekang Berharap Daerahnya Makin Baik

- detikNews
Rabu, 19 Feb 2014 18:13 WIB
Enrekang - Rencananya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan berkunjung ke Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Jelang kedatangan RI 1 itu, Sang Bupati menyampaikan harapannya, agar rakyatnya lebih sejahtera lewat kedatangan SBY.

Bupati Enrekang Muslimin Bando mencurahkan uneg-unegnya untuk memenuhi harapan masyarakat setempat. Diharapkan, Presiden dan pemerintahannya bisa memajukan sektor pertanian, industri, dan sarana perhubungan di wilayahnya.

"Tentu harapan Pemda Enrekang, agar mendapat prioritas untuk pembangunan sebagai daerah agropolitan. Bukan juga selama ini dianggap kurang, tetapi masih sangat butuh di-<i>support</i>," kata Muslimin dengan bersahaja di rumah dinasnya yang cukup besar, Jl Jenderal Sudirman, Enrekang, Sulawesi Selatan, Rabu (19/2/2014).

Enrekang dikenal sebagai penghasil palawija, bawang merah, dan kopi Arabica asal Kalosi di Sulawesi Selatan. Kopi jenis itu sudah diakui kualitasnya di dunia. Muslimin berharap, industri pertanian bisa dikembangkan sehingga para petani tidak semata-mata tergantung pada naik turunnya penjualan hasil panen mentah. Produk olahan pertanian ingin ditingkatkan.

"Kalau hasil bumi langsung dijual, itu seperti berjudi, harganya tergantung panen. Sekarang sebenarnya sudah ada industri pertanian, seperti saos, tapi skalanya masih sangat kecil, belum bisa mengangkat nama Kabupaten. Mereka perlu disentuh alat-alat industri," tuturnya.

Selain itu, sarana transportasi juga perlu diperbaiki, yaitu Jalan Poros Enrekang-Toraja. Jalanan ini perlu diperlebar. Jika jalanan ini baik, maka pariwisata Kabupaten tetangga, yaitu Tana Toraja, juga bisa lebih maju.

"Kami harapkan pelebaran jalan, kiranya dibantu dana pelebaran jalan untuk mengurangi tikungan, ini bisa berbahaya. Gunung-gunung ini harus dipotong, sehingga ini bisa memperlancar transportasi," tuturnya.

Terlepas dari itu, Muslimin sangat berterimakasih akan dikunjungi SBY. Soalnya, selama 54 tahun terbentuknya kabupaten ini, baru kali ini ada presiden yang datang berkunjung.

"Kehadiran Pak SBY di Kabupaten Enrekang punya arti bermakna, karena tanggal 19 Februari kemarin adalah hari jadi Enrekang ke 54," tandas Muslimin.

Jikapun Presiden saat ini tak bisa memenuhi kebutuhan Kabupaten Enrekang, dirinya berharap presiden selanjutnya bisa membawa rakyat ke arah yang lebih baik. Siapa capres yang dia akan dukung? Muslimin tersenyum simpul menanggapi pertanyaan ini.



(dnu/rmd)