Berjarak 300 Km dari Gunung Kelud, Purbalingga Juga Diguyur Abu

- detikNews
Jumat, 14 Feb 2014 08:18 WIB
Hujan abu tipis dari Gunung Kelud turun di Purbalingga. (Foto: Budi Prasetya)
Jakarta - Hujan abu sebagai dampak letusan Gunung Kelud di Jawa Timur mencapai hingga ke sejumlah kota di Jawa Tengah. Di kota Purbalingga yang berjarak sekitar 300 Km dari Gunung Kelud juga terkena guyuran hujan abu.

"Pagi ini hujan gerimis di sini. Tadinya debu enggak kelihatan karena hujan air. Tapi tadi saya lihat jalan yang enggak terkena hujan air, kelihatan debu putih. Mobil saya sekarang seperti kena lumpur. Kalau diusap, debunya kelihatan putih di jari," ujar Budi Prasetyo, warga Purbalingga saat dihubungi detikcom, Jumat (14/2/2014) pukul 07.50 WIB.

Padahal menurut Budi, kota Purbalingga lebih dekat dengan Gunung Slamet karena berada di lereng gunung tersebut. Namun aktivitas warga tidak terganggu dengan adanya hujan abu tersebut.

"Teman saya di Banjanegara, sebelah timur Purbalingga tadi bilang katanya juga sudah kena hujan abu. Sekarang ini di sini masih gerimis," tuturnya.

Gunung Kelud berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang, Jawa Timur. Gunung api aktif ini meletus tadi malam sekitar pukul 23.30 WIB.



(rmd/fdn)