Saat Caleg Berkampanye di Tengah Pengungsian Banjir

- detikNews
Rabu, 15 Jan 2014 18:15 WIB
Foto: Bagus/detikcom
Jakarta - Bencana alam seperti banjir dan lain sebagainya identik dengan warga yang mengungsi dan butuh bantuan. Warga Kampung Pesing Kedoya Utara mengungsi di perlintasan KA dekat Pasar Pesing akibat banjir.

Di pengungsian warga yang memerlukan bantuan tersebut, detikcom menemukan bungkus biskuit ibu hamil yang ditempeli stiker caleg di lokasi pengungsian, Rabu (15/1/2014). Caleg itu bernama Wirianingsih dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Stiker tersebut bertuliskan "Bantuan ini diperjuangkan dan diusahakan oleh Dra Wirianingsih, M.Si Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PKS Periode 2009-2014. Caleg DPR RI Dapil DKI 3. Cerdas-Ramah-Peduli" dan foto si caleg berkerudung putih berkacamata. Padahal di bungkus biskuit itu bertuliskan 'gratis' dan logo Kemenkes.

"Saya nggak tahu kalau ada bantuan ini. Dari pagi saya di rumah. Coba tanya ibu-ibu di sana," ujar salah seorang warga bernama Marwan.

Sama dengan Marwan, rupanya ibu-ibu itu pun sama sekali tak tahu kalau pihak Wirianingsih memberikan bantuan. Mereka hanya mendapati lokasi pengungsian telah ditancapi bendera partai politik.

"Saya malah nggak tahu ada biskuit ginian. Mungkin dia kasih bantuan cuma di ujung luar saja, yang di tengah kayak kita nggak dapat," imbuh Nengsih yang sedang menggendong anaknya.

Tak cuma stiker pada biskuit. Bendera-bendera parpol juga banyak yang bertengger seperti Partai Demokrat, PKS, Hanura, PDIP, dan PPP di pengungsian itu.

Apakah pantas cara berkampanye seperti ini?

(bpn/van)