Polisi Tanya Kenapa TNI Tak Ada yang Ditangkap, Ini Jawab KPK

- detikNews
Kamis, 14 Nov 2013 17:51 WIB
Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja.
Jakarta - Dalam seminar Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama (Sespimma) Polri, Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja menyebut polisi lembaga terkorup. Hal itu menuai pertanyaan anggota polisi mengapa tidak pernah ada kasus korupsi anggota TNI di KPK.

"Saya belum dengar pejabat TNI kena korupsi. Apa benar-benar tidak pernah korupsi?" tanya seorang anggota Polri bernama Nurul, Akpol angkatan 45 di Seminar Sespimma Angkatan 50 di balai besar Sespimma Polri Jl Ciputat Raya 40, Kebayoran Lama, Jaksel, Kamis (14/11/2013).

Mendapat pertanyaan itu, Wakil ketua KPK Adnan Pandu Praja menyatakan bukan berarti KPK takut dengan TNI, tapi aturan perundangan yang mengatur KPK tak bisa periksa TNI.

"Jangan ada anggapan kami takut. Kami tahu bahwa korupsi banyak, tapi Undang-undang membatasi kita masuk ke situ, kami tak punya kewenangan menjerat mereka (TNI-red)," kata Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja.

Undang-undang yang dimaksud adalah anggota militer tidak bisa dibawa ke peradilan umum, sementara tersangka KPK pasti diadili di peradilan umum. TNI di peradilan militer.

"Sebenarnya menurut saya hanya dengan judicial review ke MK. Kalau DPR mengubah nggak mungkin," ujarnya.

"Sekarang saat yang bagus judicial review pasal bahwa dia tidak bisa masuk peradilan umum ubah KPK bisa masuk," imbuh mantan anggota Kompolnas itu.

(bal/rmd)