Beli Baju dan Sepatu Baru, Buruh Pabrik dan Nelayan Ini Nekat Curi Motor

- detikNews
Selasa, 02 Apr 2013 03:20 WIB
Jakarta - Satuan Reserse Kriminal Polresta Tangerang menangkap empat pelaku pencurian bermotor yang selama ini meresahkan masyarakat, dua diantaranya adalah penadah. Para pelaku menggunakan hasil curiannya untuk membeli sepatu dan baju baru.

Mereka yang ditangkap adalah Ri (21), Sup (20) serta Rom (34) dan Jab (26) yang merupakan penadah barang curian dua tersangka.

"Tersangka curanmor (Pencurian kendaraan bermotor) sering melakukan aksinya di Kronjo dan Serang, cenderung mengambil motor di pinggir jalan, ketika seseorang bertamu, lalai dalam mengamankan motornya," ujar Kasat Reskrim Polresta Tangerang Shinto Silitonga, dalam pesan singkat yang diterima detikcom, Senin (1/4/2013).

Setiap aksi, tersangka Ri dan Sup kerang menggunakan kunci letter T yang diperoleh dari seseorang bernama Mail yang tinggal di Serang sekitar 3 bulan lalu.

"Harga jual rata-rata per unit sekitar Rp 2 juta. Digunakan untuk bayar kontrakan, makan dan membeli sepatu juga baju serta kepentingan lainnya," jelas Shinto.

Tersangka Ri yang bekerja sebagai buruh pabrik dan Sup yang merupakan nelayan, ditangkap di Jl Raya Mauk saat tengah mengendarai hasil curian Yamaha Vixion.

"Sudah menjadi target dan diikuti pergerakannya, ketika memasuki wilayah Kabupaten Tangerang dilakukan penangkapan," ungkapnya.

Sementara tersangka Rom dan Jab ditangkap di kediamannya masing-masing. Dari tangan mereka aparat menyita 1 unit motor Yamaha Mio warna hijau, 1 unit motor Yamaha Mio warna orange-silver, 1 unit motor Yamaha Vega warna hitam, serta kunci letter T

Tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana 7 tahun penjara. Sementara dua tersangka penadahan dikenakan persangkaan Pasal 480 KUHP dengan ancaman pidana 6 tahun penjara.

Kepolisian mengimbau masyarakat agar memastikan keamanan kendaraannya saat ditinggal bertamu atau berkunjung. "Karena pelaku hanya membutuhkan waktu 2 menit untuk mengambil motor-motor tersebut," imbau Shinto.

(ahy/sip)