Cegah Rembesan Konflik Sabah, Perbatasan di Kalimantan Diperkuat

- detikNews
Rabu, 20 Mar 2013 13:18 WIB
Jakarta - Konflik bersenjata antara militer Malaysia dengan pasukan kerajaan Sulu di Sabah, Kalimantan. Untuk mencegah dampaknya terhadap keamanan RI, perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan semakin diperketat penjagaannya.

"Jarak perbatasan kita dari titik konflik Sabah sejauh 150 km, dan kita sudah lakukan koordinasi dengan Mabes TNI. Kita sudah perkuat pos perbatasan," ujar Menhan Purnomo Yusgiantoro saat jumpa pers di acara JIDD di Jakarta Convention Centre, Senayan, Rabu (20/3/2013).

Pengamanan dilakukan untuk mencegah adanya pihak Malaysia ataupun Kerajaan Malaysia yang masuk ke Indonesia secara ilegal. Purnomo mengaku, Indonesia juga menaruh perhatian pada konflik tersebut.

"Kita sudah perkuat perbatasan supaya jangan sampai ada satu kebocoran, supaya tidak terjadi rembesan-rembesann," ungkapnya.

Purnomo mengatakan, Menlu Indonesia Marty Natalagewa akan bertemu dengan Menlu Filipina untuk membicarakan masalah tersebut. "Termasuk saya yang akan bertemu dengan kawan saya Menhan Malaysia," paparnya.

(rvk/lh)