Hari ke-137 Jokowi

Jokowi Luncurkan 119 untuk Cek Kamar RS

- detikNews
Jumat, 01 Mar 2013 17:50 WIB
Jakarta - Anda butuh informasi tentang kamar di rumah sakit? Jika iya, Anda tinggal telepon 119 dan bebas pulsa. Sistem layanan terpadu ini baru diluncurkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi menjelaskan 119 menjadi sistem yang memberikan beragam informasi mulai dari kesehatan hingga kebakaran.

"Hari ini sudah (diterapkan)," kata Jokowi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2013).

Menurut dia, konsep 119 diuji coba di bidang kesehatan terlebih dahulu.

"Baru kita coba supaya nanti 119 bisa info rumah sakit yang kosong. Kira-kira meluncurnya akan seperti itulah. Ke Dinas Kesehatan, misalnya kamar kosong di mana itu kita bisa tahu, bisa mengarahkan. Kemudian butuh ambulans yang cepat bisa dijemput di mana, dia akan info," papar Jokowi.

Jokowi berpendapat belum ada rencana menambah armada ambulans. "Wong ambulans banyak sekali tapi memang perlu di-manage, itu harus disentralisir. Itu yang akan kita kerjakan, informasi manajemen harus di- manage," kata dia.

Ia mengatakan dana 119 diambil dari kantong APBD 2013. Evaluasi akan dilakukan pada 3 bulan mendatang.

"Kalau kesehatan dari APBD. Ini kerjasama juga bareng-bareng dengan pusat. Kalau ini berhasil akan dikembangkan pemerintah di semua provinsi," ujar dia.

Jakarta menjadi percontohan, Pak? "Iya kita mau coba itu kemarin kita kan pas ada masalah itu sehingga kita siapkan sistem ini," jawab Jokowi.



(aan/nrl)