SBY Sampaikan Selamat Kepada PM Baru Jepang

- detikNews
Jumat, 28 Des 2012 13:33 WIB
Jakarta - Pemerintah Jepang kini memiliki perdana menteri baru yakni, Shinzo Abe. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan memberi ucapan selamat atas jabatan baru yang diemban Shinzon.

Rencananya, sore ini, SBY akan menelepon langsung Shinzo dari Jakarta. Sejumlah harapan soal hubungan kerjasama Indonesia dan Jepang pun akan disampaikan.

"Betul, dalam rangka menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhannya sebagai PM Jepang," kata staf khusus presiden bidang hubungan internasional, Teuku Faizasyah, saat dihubungi wartawan, Jumat (28/12/2012).

Shinzo Abe terpilih menjadi perdana menteri oleh parlemen negeri Sakura pada Rabu (26/12) lalu. Parlemen Jepang memilih politikus berumur 58 tahun itu menyusul kemenangan partai Liberal Democratic Party (LDP) pimpinan Abe dalam pemilihan umum nasional bulan ini.

Di dalam voting tersebut, Abe dipilih oleh 328 anggota parlemen sementara pemimpin baru partai Democratic Party of Japan (DPJ), Banri Kaieda, hanya mendapat 57 suara.

Abe menggantikan Yoshihiko Noda yang partainya DPJ mengalami kekalahan telak dalam pemilu bulan ini. Abe sebelumnya pernah menjabat PM pada 2006 hingga 2007. Dengan kemenangannya, Abe akan segera membentuk kabinet baru.

Taro Aso, mantan PM Jepang lainnya diperkirakan akan diangkat sebagai wakil Abe sekaligus Menteri Keuangan.

(mad/lh)