Laporan dari Den Haag

Amanat UUD45, PPI Belanda Serukan Solidaritas Palestina

- detikNews
Senin, 19 Nov 2012 14:51 WIB
Den Haag - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Belanda mengutuk tindakan kejahatan kemanusiaan Israel yang tak henti-hentinya melakukan perampasan tanah, pengusiran, dan pembunuhan rakyat Palestina.

PPI Belanda menyeru masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam gerakan solidaritas untuk Palestina dengan berkontribusi melalui segala sarana yang memungkinkan.

Selain itu PPI Belanda juga mendesak pemerintah untuk terus melakukan upaya politik bebas aktif dengan optimalisasi langkah-langkah diplomasi yang diperlukan dalam mendukung perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina.

Seruan disampaikan PPI Belanda melalui siaran pers yang diterima detikcom melalui Sekretaris Jenderal Ridwansyah Yusuf Achmad, Senin (19/11/2012).

PPI Belanda mengingatkan bahwa sikap solidaritas bangsa Indonesia terhadap Palestina memiliki dua landasan.

Pertama, amanat konstitusi (UUD1945) sebagaimana disebutkan dalam preambule, Bahwa sesungguhnya kemerdekaan ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan,"

Kedua, solidaritas kemanusiaan yang membimbing hati nurani untuk bersikap peduli, membela, dan berpihak kepada orang-orang yang tertindas.

Selain itu, perjuangan Palestina adalah bagian dari sejarah Indonesia sendiri. Palestina adalah salah satu bangsa yang mengakui kemerdekaan Indonesia di awal-awal masa proklamasi kemerdekaan RI, sehingga Bung Karno secara khusus memberi perhatian pada perjuangan rakyat Palestina. (es/es)