Ribuan Penarik Becak di Palembang Belum Miliki Rumah

- detikNews
Senin, 08 Okt 2012 02:42 WIB
Jakarta - Ribuan penarik becak di Palembang, Sumatera Selatan, ternyata masih belum memiliki rumah, meskipun sejumlah program rumah murah bahkan gratis dijalankan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

"Masih banyak para penarik becak atau wong miskin di Palembang yang belum memiliki rumah. Saya sebagai pembina mereka akan memperjuangkan hal tersebut, sebab pemerintah pusat sendiri memiliki program perumahan murah bagi masyarakat miskin," kata Pembina Komunitas Kayuh dan Mesin (KBKM) Sumsel, Ishak Mekki, saat enghadiri pengukuhan organisasi tersebut di Kampong 9 Ilir, Jalan Veteran, Palembang, Sumsel, Minggu (07/10/2012).

Selain persoalan rumah, anak-anak dari keluarga penarik becak juga belum mendapatkan pendidikan yang layak. "Meskipun ada iuran gratis, tapi buku dan pakaian sekolah mereka tetap beli. Padahal biaya kebutuhan ini jauh lebih besar," ujarnya.

Secara lokal, lanjut pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel ini, kebutuhan biaya tersebut sebenarnya dapat diambil dari kontribusi perusahaan-perusahaan besar yang ada di Sumsel, yang kemudian dimasukkan ke dalam APBD, sehingga penggunaannya dapat dikontrol masyarakat.

"Kekayaan sumber daya alam di Sumsel, lebih dari cukup untuk mengatasi persoalan pendidikan di masyarakat miskin," ujarnya.

Hadir dalam pengukuhan organisasi penarik becak itu sekitar seribu penarik becak bersama anggota keluarganya, yakni istri dan anak-anaknya.

(tw/jor)