Jokowi: Investasi di Jakarta Harus Dibagi ke Daerah Penyangga

Jokowi: Investasi di Jakarta Harus Dibagi ke Daerah Penyangga

- detikNews
Sabtu, 15 Sep 2012 11:48 WIB
Jakarta - Lima hari jelang pemungutan suara Pilgub DKI putaran dua, Cagub & Cawagub DKI Jakarta terus pertajam visi dan misi mereka. Cagub Joko Widodo mengkritisi soal investasi Jakarta yang tidak dibagi dengan daerah penyangga.

"Namanya pertumbuhan ekonomi harus di bagi-bagi, kemudian masalah investasi atau investor juga jangan dipegang sendiri bisa diberikan ke kanan dan kiri kita (daerah penyangga)," ujar cagub DKI, Joko Widodo.

Hal itu disampaikan dalam acara Halal Bihalal dan Silaturahmi Nasional Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta, di Gedung Serba Guna GBK Senayan, Jl Manila, Jakarta, Sabtu (15/9/2012). Menurut Jokowi, terutama masalah investasi yang berkaitan dengan pabrik, karena tidak memungkinkan membangun pabrik di Jakarta.

"Terutama investasi-investasi yang berkaitan dengan pabrik misalnya, nggak mungkin lah di Jakarta, bisa ke tempat lain," ungkapnya.

Sebagai langkah solusi, menurut Jokowi yang terpenting adalah komunikasi dengan daerah penyangga sekitar Jakarta, karena mereka menjadi mitra strategis Jakarta.

"(Daerah penyangga) itu teman-teman semuanya, Kota tangerang, teman. Bekasi juga teman, nanti gubernur Jawa Barat juga teman. Ini masalah komunikasi yang harus dibangun dengan intens karena problemnya dengan pemerintah pusat juga harus disolusikan secara terintegrasi," kata wali kota Surakarta itu.



(iqb/lh)