Jokowi Sindir Foke: Gubernur & Wagub Harus Rukun

Jokowi Sindir Foke: Gubernur & Wagub Harus Rukun

- detikNews
Jumat, 14 Sep 2012 20:51 WIB
Jakarta - Kandidat calon gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) banyak menyentil Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) dalam debat cagub DKI. Jokowi menyoroti kurang harmonisnya hubungan Foke dengan Wagub DKI Prijanto.

Hubungan Foke dengan Prijanto memang menjadi sorotan belakangan ini. Prijanto bahkan mengajukan pengunduran diri di tengah masa kerjanya.

"Birokrasi kita ini sudah baik karena memang SDM-nya itu baik. Tapi dalam sebuah birokrasi itu penting sekali teamwork, kerjasama," kata Jokowi dalam debat cagub DKI di Hotel Grand Melia, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Jokowi lantas melanjutkan kalimatnya. Jokowi menekankan pentingnya hubungan antara gubernur dan wakil gubernur dengan rakyat.

"Teawork penting, gubernur dan wakil gubernur harus rukun. Artinya sebuah pekerjaan besar tidak mungkin saya pikirkan sendiri. Masukan dari masyarakat, dialog dari masyarakat sangat diperlukan sekali dalam mendesain sebuah kebijakan," katanya.

Pasangan cawagub Jokowi, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menambahkan pentingnya birokrasi yang transparan. Diperlukan banyak pembenahan dan reformasi birokrasi di DKI Jakarta.

"Dalam penerimaan PNS saja sudah harus transparan, tidak boleh ada aliran abu-abu yang lulus dan tidak lulus diumumkan. Jangan ada dusta di antara kita,"tegas Ahok.



(van/nwk)