Kronologi Baku Tembak di Solo Versi Polri

- detikNews
Sabtu, 01 Sep 2012 13:19 WIB
Jakarta - Aksi baku tembak terjadi di Solo. Satu anggota Densus 88 Antiteror, Briptu Suherman, meninggal dunia. Dua orang terduga teroris, F dan M, juga tewas.

Pada Jumat 31 Agustus 2012 telah dilakukan penangkapan pelaku teror penembakan anggota dan pelemparan granat di wilayah Surakarta.

Berikut kronologis kejadian berdasarkan keterangan dari Mabes Polri:

Jumat 31 Agustus 2012

Pukul 21.30 WIB

Terjadi baku tembak antara pelaku teror dengan anggota Satgassus Densus 88 di Jalan Veteran, Surakarta samping Lottemart.

Saat akan dilakukan penangkapan, tersangka dan aparat kepolisian terlibat pergumulan dan tersangka mencabut senjata api lalu menembak anggota Briptu Suherman.

Baku tembak itu menewaskan 2 orang tersangka Farhan dan Mukhsin. Sedangkan anggota gugur dalam tugas di RS.

Barang bukti yang disita yakni 1 pucuk pistol pietro baretta made in Italy di sisi sebelah bertuliskan PNP property philipines national police. 3 Buah magazene, 43 peluru kaliber 9 mm merk Luger, dan 9 holopoint CBC 9 mm.

Pukul 23.00 WIB

Dilakukan penangkapan terhadap pelaku teror atas nama Bayu. Yang bersangkutan ditangkap di Karanganyar.

Keterlibatan para pelaku antara lain: penembakan anggota Pospam Geblegan Serengan, Solo pada 17 Agustus malam. Pelemparan granat di Pospam Gladak, Surakarta pada malam takbiran, penembakan anggota pos jaga singosaren, dan terlibat penyelundupan senpi dari Philipina dan pelatihan militer bergabung dengan kelompok Abu Sayaf group di Mindanao.

(aan/mad)