Jubir Foke: Jokowi Punya Track Record, Tapi Belum Tentu Bisa Selesaikan Jakarta

- detikNews
Jumat, 17 Agu 2012 09:45 WIB
Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo diakui mempunyai track record soal kepemimpinan yang baik, tapi punya pengalaman baik bukan berarti bisa selesaikan masalah Jakarta yang sangat kompleks.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara Fauzi Bowo Yudi Chrisnandi, saat dimintai tanggapan soal citra Jokowi.

"Jokowi ini bukan hanya soal pemimpin yang dikenal di Solo karena kiprahnya, di tengah maraknya pemimpin yang korup dan pemimpin yang sembunyi dari kritikan, Jokowi menjadi makhluk langka. Dia punya trackrecord, tapi apakah ia mampu selesaikan masalah jakarta?Tidak semudah itu," ujar Yudi Chrisnandi kepada detikcom, Kamis (16/8/2012) malam.

Menurutnya, permasalahan di Jakarta berbeda dengan di Solo yang dihadapi Fauzi Bowo. Sehingga tidak begitu saja punya trac record dipersepsikan bisa selesaikan masalah ibukota.

"Dia disukai publik ya, tapi jika dipersepsiikan bisa menyelesaikan masalah Jakarta, saya meragukan. Sampai di Jakarta kompleksitas masalah di Jakarta belum sampai dia pelajari," tutur Yudi.

Yudi mengatakan bisa saja Jokowi menjadi gubernur Jakarta, tetapi akan perlu waktu untuk mempelajari masalah Jakarta. Sehingga waktunya habis untuk belajar sebelum menyelesaikannya.

"Saya ragu karena pengalaman Foke 32 tahun di birokrasi dan dia nggak pernah kena korupsi, masalah masih banyak di Jakarta. Dari mulai menjadi kepala dinas, sekda, wakil gubernur dan gubernur," ucap ketua Bappilu Partai Hanura itu.

Foke dinilainya memiliki banyak prestasi selama memimpin Jakarta, seperti pembuatan jalan dan fly over untuk mengurangi kemacetan, kemudian proyek mengatasi banjir yang menyelamatkan jutaan warga Jakarta. Tetapi masalah tetap banyak.

"Sudah punya pengalaman, prestasi (Foke) masih tenggelam oleh kompleksitas masalah Jakarta. Apalagi yang minim pengalaman, ini tidak mudah," tutupnya.

(iqb/fdn)