JK: SBY Sudah Pikirkan Baik Buruk Grasi Corby

JK: SBY Sudah Pikirkan Baik Buruk Grasi Corby

- detikNews
Minggu, 27 Mei 2012 16:36 WIB
Jakarta - Pemberian grasi untuk seorang narapidana merupakan hak presiden. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla pun meyakini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah mempertimbangkan matang-matang pemberian grasi untuk Corby.

"Presiden di mana pun di dunia ini punya hak untuk memberikan grasi. Tapi di Indonesia juga harus diiringi dengan pertimbangan MA kan. Apakah Corby ini disiplin, apakah ini baik, mungkin aja, kita tidak tahu," kata Jusuf Kalla, sembari tersenyum kepada wartawan di kediamannya di Jl Brawijaya No 6, Jaksel, Minggu (27/5/2012).

JK enggan berpsekulasi terkait pertimbangan SBY. Menurut dia, kalau banyak rakyat mempertanyakan tentunya SBY akan memberikan penjelasan.

"Ya kita tidak tahu pertimbangan presiden, nanti kita tunggu penjelasannya. Kita tidak bisa mengklaim salah atau tidak," katanya.

Seperti diketahui pemberian grasi untuk Schapelle Corby menuai pro kontra. Beberapa pihak menyayangkan langkah pemerintah yang memberikan keringanan hukuman untuk 'Ratu Mariyuana' dari Australia itu. Namun pemerintah beralasan pemberian grasi sudah tepat dan dipertimbangkan dengan matang.



(van/vta)