DPR Terus Dorong Australia Bebaskan Nelayan Anak Indonesia

DPR Terus Dorong Australia Bebaskan Nelayan Anak Indonesia

- detikNews
Minggu, 27 Mei 2012 13:05 WIB
Jakarta - Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, tidak mempermasalahkan pemberian grasi untuk Schapelle Corby, terpidana penyelundup narkoba asal Australia. Sepanjang pemerintah Australia membebaskan nelayan anak asal Indonesia, pemberian grasi untuk Corby bukan masalah.

"Kita beri keleluasaan kepada presiden dan kabinet untuk memberi keputusan yang terbaik. Saya sendiri melihat ada efek positif lain ialah mayoritas publik dan rakyat Australia, sudah tentu melihat adanya tenggang rasa dan sisi kemanusiaan dan persahabatan yang diberikan pemerintah Republik Indonesia," kata Priyo kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (27/5/2012).

Priyo melihat sisi positif dari pemberian grasi untuk Corby. Tujuannya untuk melakukan lobi politik pembebasan tahanan WNI di Australia.

"Karena itu ada hal-hal, nelayan-nelayan kita ditangkap, anak-anak kita ditangkap di sana, mestinya ada imbal balik perlakuan yang sama atas nama persahabatan. Itu yang kita harapkan, saya melihat sisi positifnya dari lobi-lobi diplomasi," katanya.

Dia yakin sekali ada imbal-balik dari grasi untuk Corby. "Karena Corby sudah menjadi icon nilai publik masyarakat Australia yang meluas. Maka saya lebih baik mengambil sisi positif. Meskipun sudah tentu ada kesimpangsiuran, ada taruhlah keberatan dari pihak-pihak. Tapi saya meyakini pemerintah sudah menghitung sisi-sisi resiko," tandasnya.

Sebelumnya Menlu Australia, Bob Carr, mengatakan pemerintah Australia akan tetap membebaskan anak-anak asal Indonesia yang berada di tahanan orang dewasa Negeri kanguru itu. Menurut Carr, dengan atau tanpa Corby, pembebasan atas anak-anak itu akan tetap dilakukan.



(van/vta)