Basarnas Tidak Jamin Evakuasi Selesai Hari Ini

- detikNews
Jumat, 11 Mei 2012 12:35 WIB
Jakarta - Tinggal 50 meter lagi, Tim SAR diharapkan tiba di lokasi jatuhnya Sukhoi Superjet 100 di lereng Gunung Salak. Namun, Basarnas tidak menjamin evakuasi selesai hari ini.

"Saya tidak menjamin hari ini selesai. Paling tidak hari ini, kami mencapai

crashsite
sehingga kami bisa memberikan gambaran," kata Kepala Basarnas, Daryatmo, di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Jumat (11/5/2012).

Dia menjelaskan, sudah disiapkan sebanyak 7 heli untuk mengevakuasi. Demikian pula disiapkan evakuasi menggunakan jalur darat.

"Di sekitar lokasi di Cijeruk sudah ada helipad, tetapi crashsite di sekitar belum berhasil karena kami belum berhasil mencapai ke sana. Itu tim yang menuju ke sana dari Basarnas, AD, AU, AL, Marinir dan Kepolisian Brimob sudah sampai lokasi, belum semua, baru 50 meter lagi, mudah-mudahanlah," ujar dia.

Menurut dia, heli menunggu di Cijeruk. TNI AL siaga di Sentul, TNI AU di Halim, dan heli polisi di Bogor. Kondisi cuaca juga masih menjadi kendala.

"Kita masih kesulitan untuk (evakuasi lewat) udara karena kemampuan untuk manuver di pegunungan itu masih kurang. Tadi sebenarnya, kita ingin drop pasukan di sana dengan harapan melakukan evakuasi," kata Daryatmo.


(aan/nrl)