Sukses Halau Atapers, Bola Beton Dipasang di Cikarang

- detikNews
Selasa, 24 Jan 2012 11:00 WIB
Jakarta - Pemasangan gawang bola dari beton dinilai ampuh menghalau atapers alias penumpang kereta yang suka duduk di atap. PT KAI pun menambah lagi pemasangan bola-bola beton di lintas Bekasi-Cikampek. Kali ini bola beton dipasang di Cikarang.

"Kami akan memasang di sekitar Cikarang, tepatnya di KM 43+700. Sekarang kami sedang menunggu window time atau waktu luang," kata Kepala Penertiban Daops I PT KAI, Akhmad Sujadi, kepada detikcom, Selasa (24/1/2012).

Persiapan pemasangan bola beton itu sudah dilakukan sejak 3 hari lalu dengan membuat pondasi gawang. Pemasangan bola beton hari ini direncanakan akan dilakukan pada sekitar pukul 12.30-14.00 WIB. Hanya butuh kurang lebih 30 menit untuk memasang bola-bola itu.

"Selanjutnya kami akan pasang di Kedunggede - Lemah Abang. Untuk ruas Bekasi -Cikampek, kita rasa cukup dipasang di tiga tempat," lanjut Sujadi.

Sosialisasi pemasangan bola beton di ruas Bekasi-Cikampek telah dilakukan sejak lama. Petugas PT KAI sudah berkeliling ke stasiun-stasiun lokal untuk memberi tahu adanya pemasangan bola beton itu.

Sebelumnya telah dipasang bola beton di sekitar Stasiun Bekasi, yakni di KM 27 Stasiun Bekasi dan di KM 27. Setiap gawang terdapat 24 bola beton yang terayun-ayun. Bola beton in tidak akan dipasang di jalur kereta listrik, melainkan di jalur kereta diesel saja. Hal ini dikarenakan ada hambatan konstruksi.

(vit/nrl)